Usulan Gubernur Sumbar Disambut Positif Keluarga Besar Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi

SELINGAN-148 hit

Penulis: Adpsb/Busan | Editor: Marjeni Rokcalva

MAKKAH - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah menyebut rencana Pemprov Sumbar untuk mengabadikan nama Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi sebagai nama Masjid Raya Sumbar, mendapat sambutan positif dari pihak keluarga ulama besar Masjidil Haram tersebut.

"Alhamdulillah, niat baik kita mendapat restu dan sambutan positif dari pihak keluarga besar Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi. Mereka setuju dan bahkan menyatakan akan hadir langsung pada acara peresmian nantinya," ungkap Gubernur Mahyeldi.

Hal itu disampaikan Gubernur usai ia bersama rombongan bersilaturahmi dan buka puasa bersama dengan keluarga besar Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi di Kota Makkah, Arab Saudi, Selasa (2/4/2024).

Baca Juga


Gubernur Mahyeldi mengatakan, peresmian pengantian nama tersebut akan diselenggarakan pada tanggal 1 Muharram 1446 Hijriyah atau 8 Juli 2024 nanti. Ia mengaku, sebelumnya dalam berbagai kesempatan rencana tersebut juga telah disosialisasikannya kepada seluruh pihak terkait di Sumbar.

"Artinya, saat ini sudah tidak ada masalah. Kita tinggal mempersiapkan segala kebutuhan administrasinya. Semoga semuanya dapat berjalan sesuai harapan," tegas Gubernur Mahyeldi.

Sementara itu, pihak keluarga yang diwakili oleh menantu dari cucu Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi, Muhammad Bahjad mengatakan keluarganya menyambut baik rencana Pemprov Sumbar untuk mengabadikan nama kakeknya sebagai nama salah satu masjid terbesar di Sumbar.

Kedepan, sambung Muhammad Bahjad, keluarga besarnya juga berencana akan lebih memperkuat hubungan silaturahmi dengan daerah asal kakeknya tersebut. Bahkan menurutnya, seluruh keluarga siap untuk menjadi duta Sumbar di Arab Saudi.

"Alhamdulillah,,, silaturahmi yang sempat terputus akan kembali tersambung, kami sangat bersyukur dan terharu dengan itu. InsyaAllah kami semua juga siap untuk menjembatani upaya penguatan kerjasama Sumbar dengan Arab Saudi," ucap Muhammad Bahjad.

Terkait dengan rencana peresmian pemakaian nama Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi sebagai nama salah satu masjid terbesar di Sumbar. Muhammad Bahjad menyatakan pihak keluarga akan hadir langsung dalam jumlah besar, sebab selain mengikuti acara tersebut, keluarganya juga direncanakan akan mengisi sejumlah kegiatan lainnya di Sumbar.

"InsyaAllah kami akan datang dalam jumlah besar pada tanggal 1 Muharram nanti ke Sumbar. Selain menghadiri peresmian pengantian nama masjid, insyaAllah kami juga akan mengikuti sejumlah agenda lainnya di Sumbar nanti," terangnya.

Diketahui, saat ini keluarga besar Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi tidak hanya beprofesi sebagai ulama. Tapi juga banyak yang berkiprah sebagai guru besar di beberapa perguruan tinggi di Arab Saudi. Selain itu juga ada yang berprofesi sebagai dokter dan pengusaha. (Adpsb/Busan)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru