Pemko Padang Panjang Gelar GSS Terapkan Pentingnya Sekolah Sehat

PENDIDIKAN-173 hit

Penulis: Lex | Editor: Ade MS

PADANG PANJANG — Pemerintah Kota melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) laksanakan kegiatan Semarak Gerakan Sekolah Sehat (GSS), diikuti sejumlah siswa-siswi dari tingkat TK, SD, SLTP dan SLTA, Senin (13/5) di SMP N 4 Padang Panjang.

GSS merupakan gerakan bersama yang melibatkan peran serta pemerintah, masyarakat, satuan pendidikan dan stakeholder, menerapkan pentingnya hidup sehat bergizi, sehat fisik, sehat jiwa, sehat imunisasi, dan sehat lingkungan.

GSS diaplikasikan dengan melaksanakan Senam Kesegaran Jasmani (SKJ) secara bersama-sama, sarapan makanan sehat, pemberian tablet tambah darah bagi remaja putri, atraksi permainan tradisional, penyuluhan bahaya penggunaan NAPZA, dan FGD.

Baca Juga


Kepala Disdikbud, Nasrul, S.H, M.Si mengatakan, melalui kegiatan itu hendaknya GSS dapat terlaksana dengan baik di semua satuan pendidikan.

"Keprihatinan terhadap kondisi kesehatan peserta didik menjadi momentum diluncurkannya kampanye Sekolah Sehat oleh Mendikbud Ristek pada 23 Agustus 2022," sebutnya.

Di samping itu, Nasrul menilai saat ini perlu digalakkan kembali permainan tradisional, mengalihkan anak dari penggunaan gadget yang berlebihan. Ini sekaligus perwujudan kesehatan lingkungan.

Sementara itu, Kepala SMP N 4, Leli Suarni, S.Pd menyampaikan apresiasi lantaran memilih sekolah yang dia pimpin sebagai tuan rumah GSS. Di samping itu, dia menuturkan SMP N 4 sangat mendukung GSS.

Dikatakannya, GSS yang dijalankan di sekolah itu antara lain, mengajak murid membiasakan meminum air putih yang cukup, membiasakan mengonsumsi makanan bergizi dan sehat. Lalu meminimalisir memakan makanan siap saji.

"Kami berharap semakin banyak dukungan moril dan materil dari stakeholder terkait, membantu bersama mewujudkan generasi yang sehat, kuat, cerdas dan berkarakter di Kota Padang Panjang," ujarnya.

Adapun Kepala Dinas Kesehatan, dr. Faizah mengedukasi siswi remaja putri rutin meminum tablet tambah darah sekali dalam seminggu. Pemberian tablet tambah darah ini, guna menyiapkan mereka kelak sebagai calon ibu yang memiliki balita sehat, terhindar dari stunting. (Lex)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru