Pusat Riset "Molecular Biotechnology and Bioinformatics" UNP Lakukan Diskusi Kelompok Terpumpun

PENDIDIKAN-917 hit

PADANG - Pusat Riset "Molecular Biotechnology and Bioinformatics" LP2M Universitas Negeri Padang mengadakan Diskusi Kelompok Terpumpun (FGD) secara daring dengan tema "Trend Perkembangan Riset Bidang Bioteknologi dan Bioinformatika" yang diikuti oleh pimpinan, staf pengajar, dan mahasiswa di Universitas Negeri Padang serta dosen dari Universitas lain pada Jumat (31/12).

Prof. Dr. Minda Azhar, M.Si. selaku Ketua Pusat Riset berharap dari kegiatan ini dapat dihasilkan road map yang dapat dijadikan dasar dalam menjalankan penelitian lima tahun ke depan.

"Diskusi Kelompok Terpumpun ini diharapkan dapat menjadi wadah diskusi yang edukatif dalam mengeksplorasi topik penelitian terkait," tambah Prof. Dr. Minda Azhar, M.Si.

Baca Juga


Dalam sambutannya, Dr. Irwan, M.Si., Wakil Dekan 3 yang mewakili Dekan FMIPA Universitas Negeri Padang mengapresiasi pelaksanaan FGD dalam rangka peningkatan kolaborasi penelitian bagi dosen di Universitas Negeri Padang.

"Pimpinan Fakultas berharap pada datang akan lahir berbagai macam pusat riset lainnya di FMIPA Universitas Negeri Padang sehingga dapat dihasilkan karya-karya inovatif," tukuk Dr. Irwan, M.Si.

Diskusi Kelompok Terpumpun (FGD) ini secara resmi dibuka oleh Kepala LP2M UNP, Yohandri, M.Si, Ph.D. Yohandri, M.Si, Ph.D. mengapresiasi FGD yang diselenggarakan oleh pusat riset ini. Selanjutnya Kepala LP2M UNP ini berharap pusat riset yang digagas LP2M ini dapat mengakselerasi penelitian yang dilakukan oleh civitas akademika Universitas Negeri Padang.

"Kolaborasi dalam melakukan penelitian, baik dengan sesama ilmuwan di lingkungan UNP ataupun dengan berbagai ilmuwan di Indonesia dan luar negeri adalah salah satu upaya dalam rangka percepatan riset di lingkungan UNP," tambah Yohandri, M.Si, Ph.D.

Narasumber dalam kegiatan ini adalah Prof. Dr. Harno Dwi Pranowo, M.Si. yang merupakan Ketua Senior Himpunan Kimia Indonesia (HKI) Pusat. Prof. Dr. Harno Dwi Pranowo, M.Si. memaparkan keunggulan, tantangan dan trend penelitian dalam bidang biomolekuler dan bioinformatika di masa depan. "Penelitian ini menjadi penting karena menjadi salah satu kunci dalam mengembangkan drug design yang dapat memberikan manfaat yang luar biasa bagi masyarakat luas. Oleh karena itu kolaborasi dengan berbagai peneliti lintas bidang menjadi salah satu poin penting dalam menyukseskan arah riset ini," kata Prof. Dr. Harno Dwi Pranowo, M.Si.

Sebagai informasi, Pusat Riset "Molecular Biotechnology and Bioinformatics" ini diketuai oleh Prof. Dr. Minda Azhar, M.Si. dengan anggota yaitu Dr. Yuni Ahda, M,Si., Fitri Amelia, M.Si., Ph.D., Dr. Fajriah Azra, M.Si., Dr. Dwi Hilda Putri, S.Si., M.Biomed., Dr. Riga, S.Pd., M.Si. dan Afifatul Achyar, M.Si. (ET)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru