Giliran 105 Pelaku UMKM Padang Sago Ikuti Sosialisasi Legalisasi Usaha dan Produk Pokir JJ Dt Gadang

EKONOMI-345 hit

Penulis: MR | Editor: Marjeni Rokcalva

PADANG SAGO - Sebanyak 105 pelaku UMKM se Kecamatan Padang Sago Kabupaten Padang Pariaman mengikuti Sosialisasi Legalisasi Usaha dan Produk bagi pelaku UMKM Padang Pariaman Angkatan IV 2023, Kamis (22/6/2023) di Gedung Serba Guna Karya Mulia, Padang Sago, Padang Pariaman.

Kegiatan sosialisasi ini dibuka Anggota DPRD Sumbar dari Dapil II (Padang Pariaman dan Kota Pariaman), dari Fraksi Gerindra, Jasma Juni (JJ) Dt. Gadang.

Dalam sambutannya, JJ Dt Gadang meminta kepada seluruh peserta yang merupakan utusan dari korong-korong yang ada di nagari, sepulang kegiatan ini diharapkan menjadi mentor dalam pendirian dan pengembangan koperasi di nagari asalnya.

https://www.beritaminang.com/photos/foto/foto-jj-dt-gadang-saat-membuka-sosialisasi-legalitas-produk-di-padang_foto2_230623061049.jpeg

Kegiatan Sosialisasi Legalisasi Usaha dan Produk bagi pelaku UMKM Padang Pariaman Angkatan IV 2023 ini, dilaksanakan Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Diskop UKM) Pemprov Sumbar yang diikuti 105 pelaku UMKM utusan tiap nagari di Kecamatan Padang Sago. Tampak dadir dalam kesempatan ini, Kepala Dinas Perdagangan, Tenaga Kerja Koperasi dan UKM Padang Pariaman Jon Kenedi, dan enam walinagari se Kecamatan Padang Sago.

Dilanjutkan, JJ Dt Gadang, guna mencapai tujuan di atas, tentu peserta harus mengetahui bagaimana cara membuat legalisasi usaha dan produk bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Karena dengan legalisasi usaha dan produk akan memperoleh banyak kemudahan, terutama soal pendanaan, pemasaran dan perizinan serta sertifikasi produk.

JJ Dt Gadang juga menyebutkan, salah satu bentuk legalisasi produk itu yakni dengan membangun koperasi yang berbadan hukum dan membuat NIB (Nomor Induk Berusaha) bagi semua pelaku UMKM secara mandiri-mandiri.

https://www.beritaminang.com/photos/foto/foto-jj-dt-gadang-bersama-para-walinagari-se-padang_foto3_230623082806.jpeg

Dalam kesempatan ini, JJ Dt Gadang juga menyampaikan, kegiatan sosialisasi ini disamping merupakan bagian komitmen sebagai salah seorang wakil rakyat yang selalu konsen membangun dan mengembangkan ekonomi kerakyatan terutama di nagari-nagari di Padang Pariaman dan Kota Pariaman, juga bagian dari cara pengembangan koperasi dan penguatan UMKM.

"Ini sejalan dengan tekad Pemeritah Provinsi Sumatera Barat menumbuhkan 100 ribu enterpreneur (wira usaha) baru. Dan program ini merupakan usaha yang patut didukung penuh. Ya, salah satunya dengan cara penguatan kalangan pelaku UMKM," katanya.

https://www.beritaminang.com/photos/foto/foto-jj-dt-gadang-foto-bersama-salah-satu-kelompok-umkm-padang_foto2_230623082806.jpeg

Untuk itu, sambung JJ Dt. Gadang, salah satu upaya yang ia lakukan yakni dengan mengaplikasikannya dalam penempatan dana Pokir di berbagai kegiatan yang mengarah ke arah yang mendukung dan menumbuhkan serta menguatkan kalangan wira usaha baru, terutama UMKM dalam kerangka peningkatan dan pengembangan ekonomi kerakyatan di Sumatera Barat, terutama di Kabupaten Padang Pariaman dan Kota Pariaman.

Disambung JJ Dt Gadang, kegiatan ini dirancang dalam rangka menambah wawasan dan pengetahuan para Pelaku UMKM dalam rangka pengambangan kemampuan dan penguatan SDM pelaku UMKM di lokasi masing-masing peserta yang tinggal di Kabupaten Padang Pariaman.

Anggota Komisi III DPRD Sumbar ini berharap, setelah mengikuti kegiatan ini peserta bisa membangun kelompok koperasi yang baik dan berkembang untuk membangkitkan UMKM di nagari-nagari yang ada di Kabupaten Padang Pariaman.

https://www.beritaminang.com/photos/foto/foto-jj-dt-gadang-bersama-kelompok-umk-padang_foto1_230623082806.jpeg

"Semua peserta diharapkan bersama-sama membangun koperasi berbadan hukum untuk pengembangan UMKM yang sedang dilakukan maupun yang baru dirintis di nagarinya. Sehingga berdampak luas dalam membantu perekonomian di tengah masyarakat," ujar Anggota Fraksi Gerindra ini.

"Kami berharap nantinya para peserta akan semakin bertambah wawasannya dalam bidang legalitas usaha dan produk sehingga usahanya semakin berkembang," tukuknya.

https://www.beritaminang.com/photos/foto/foto-ketua-koperasi-mersi-serambi-milik-berikan_foto3_230623060829.jpeg

Kegiatan Perdana di Sumbar

Sementara itu, Kepala Bidang Perberdayaan Usaha Kecil Diskop UKM Sumbar, Hilma, SE, M.Si dalam laporannya menyebutkan, kegiatan ini merupakan kegiatan perdana yang dilakukan di Sumbar.

"Diskop UKM Sumbar sangat mendukung sekali kegiatan ini, apalagi adanya tekad dan keinginan dari Bapak JJ Dt Gadang membangun dan menguatkan koperasi di setiap nagari-nagari di Kabupatan Padang Pariaman dan Kota Pariaman," katanya.

https://www.beritaminang.com/photos/foto/foto-seorang-peserta-sosialisasi-padang-sago_foto1_230623060828.jpeg

Ia menyebutkan, membangun koperasi dan melakukan legalisasi usaha dan produk merupakan langkap maju bagi peningkatan ekonomi kerakyatan di nagari. Sehingga, nantinya akan terbangun dunia usaha yang kuat yang mulai dari nagari-nagari atau desa di Padang Pariaman dan Kota Pariaman.

Untuk itu, kagiatan ini diisi dengan rangkaian kegiatan yang mengarah kepada penguatan UMKM dan gerakan membangun koperasi di nagari-nagari dengan pembicara yang kompetan di bidangnya. Yakni, Kepala Dinas Perdagangan, Tenaga Kerja Koperasi dan UKM Padang Pariaman Jon Kenedi, Ketua Koperasi Mersi Padang Panjang (Serambi Milk) Ridwansyah, SE dan JJ Dt Gadang (Anggota DPRD Sumbar), Siska (Pendamping KUR Sumbar) dan Benny (tenaga pendamping koperasi Sumbar).

https://www.beritaminang.com/photos/foto/foto-pengukuan-kelompok-koperasi-padang_foto2_230623060828.jpeg

Dalam acara yang berlangsung sehari penuh ini, sebelum ditutup secara resmi Anggota DPRD Sumbar JJ Dt Gadang, dilakukan pengukuhan pengurus UMKM nagari-nagari se Kecamatan Padang Sago oleh Kepala Dinas Perdagangan, Tenaga Kerja Koperasi dan UKM Padang Pariaman. Mereka yang dikukuhkan akan menjadi pendiri koperasi-koperasi di nagari yang ada di Kecamatan Padang Sago. (MR)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru