Puribaya Austronesia Universitas Negeri Padang Terbentuk, Prof. Agustina Terpilih sebagai Ketua

PENDIDIKAN-371 hit

PADANG - Pusat Riset Bahasa dan Budaya Austronesia yang disingkat dengan nama Puribaya Austronesia terbentuk atas inisiatif beberapa dosen dari Fakultas Bahasa dan Seni dan beberapa dosen fakultas lain di Universitas Negeri Padang. Pembentukan pusat riset tersebut diselenggarakan dalam suatu musyawarah pada Kamis (13/1) bertempat di ruang sidang FBS UNP Kampus Air Tawar Padang.

Dekan Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang, Prof. Dr. Ermanto, S.Pd. M.Hum. yang diminta anggota untuk memberikan sambutan menyampaikan bahwa pada awalnya pendirian Pusat Riset Bahasa dan Budaya Austronesia diinisiasi oleh Prof. Ermanto, Prof. Agustina, Dr. Nokia Juita, M.Hum. dan Dr. Ngusman, M.Hum. dan kemudian meminta dukungan dosen dari beberapa fakultas di Universitas Negeri Padang.

Lebih lanjut Prof. Ermanto menyampaikan dukungan penuh untuk pembentukan Pusat Riset dengan nama Pusat Riset Bahasa dan Budaya Austronesia sehingga dapat mengkaji fenomena bahasa dan budaya dalam lingkup wilayah Austronesia.

Baca Juga


"Dengan Pusat Riset Bahasa dan Budaya Austronesia ini, diharapkan dalam penggarapan penelitian pada suatu saat dapat bekerja sama dengan perguruan tinggi di Indonesia, Asean, dan di wilayah Austronesia," tambah Prof. Ermanto.

Dalam musyawarah tersebut, anggota secara aklamasi meminta Prof. Dr. Agustina, M.Hum. menjadi Ketua Pusat Riset Bahasa dan Budaya Austronesia dan Dr. Ngusman, M.Hum. sebagai Sekretaris.

Dosen-dosen anggota Pusat Riset Bahasa dan Budaya Austronesia juga merumuskan visi dan misi Pusat Riset serta mengidentifikasi bidang-bidang garapan penelitian Bahasa dalam kaitannya dengan kebudayaan, sastra, pengajaran bahasa, teknologi digital, sosiologi, seni, sejarah, hukum, politik, komunikasi, dan beberapa bidang lainnya.

Ketua Pusat Riset Bahasa dan Budaya Austronesia Universitas Negeri Padang, Prof. Dr. Agustina, M.Hum., menyampaikan ucapan terima kasih atas diberi amanah menjadi Ketua Pusat Riset ini dan akan segera mengajukan secara formal ke LP2M Universitas Negeri Padang.

"Kita diharapkan secara bersama-sama membuat proposal penelitian yang sesuai dengan visi dan misi Pusat Riset Bahasa dan Budaya Austronesia dan dapat saling berbagi pengalaman untuk meningkatkan kompetensi penelitian dalam bidang bahasa dan budaya untuk program kegiatan secara berkelanjutan sejak sekarang," kata Prof. Dr. Agustina, M.Hum. (MR/ET)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru