Visiting Lecturer 13 DKV UNP Bahas IP dan Commercialization

PENDIDIKAN-357 hit

Penulis: Rel/ET | Editor: Ermanto

PADANG - Pelaksanaan Visiting Lecturer ke-3 pada pertemuan ke-13 menghadirkan Prof. Khairul Azlin dari Universiti Putra Malaysia (UPM) selama tiga kali pertemuan secara daring. Materi yang disajikan yaitu Designer Professional Ethic, Intellectual Property Safeguarding Creativity in Visual Communication Design, IP & Commercialization. Peserta program yaitu mahasiswa program studi Desain Komunikasi Visual (DKV), Departemen Seni Rupa, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Padang.

Kelas dimulai dengan pengantar oleh tim teaching dan dilanjutkan oleh Prof. Khairul, yang lebih akrab disapa Prof K. Sesi kali ini membahas terkait Intellectual Property (IP) dan Commercialization. IP atau kekayaan intelektual merupakan bagi setiap pelaku industri kreatif. Pasalnya, saat ini pencurian tidak hanya berlaku dalam hal kebendaan namun juga dari segi ide. IP sendiri juga merujuk pada kekayaan yang lahir dari kemampuan intelektual manusia. Oleh karena itu, lulusan DKV sebagai bagian pelaku industri kreatif perlu dibekali knowledge terkait IP dan bagaimana cara mengkomersialisasi.

Adapun talking point pada Intellectual Property yaitu Patent, Industrial Design, Trademark, Copyright, Layout Design, Geographical Indication.

Baca Juga


Selanjutnya juga dijelaskan terkait Ethics in the context of intellectual property (IP). Talking point pada Commercializing intellectual property (IP) membahas Licensing, Trade-offs and Collaborations, Strategic Alliances, Franchising, Spin-offs and Spin-outs, Open Innovation, Technology Transfer.

Perkuliahan dilaksanakan secara daring melalui platform zoom dan kelas dikemas lebih interaktif dengan adanya paparan dan komunikasi dua arah antara Prof K dan mahasiswa DKV UNP.

Pada sesi diskusi juga dapat disimak berbagai problem case yang disampaikan oleh mahasiswa dan Prof K memberikan insight untuk kedepannya.

Pada sesi terakhir ini, Visiting Lecturer ditutup secara resmi oleh bapak Hendra Afriwan, S.Sn., M.Sn. selaku Ketua Prodi Program Desain Komunikasi Visual (DKV) UNP. Adapun tim teaching mata kuliah Etika Profesi Desain, yaitu : 1. Dr. Haris Satria, M.Sn; 2. Ir. Drs. Heldi, M.Si., Ph.D; 3. Dwi Mutia Sari, S.Ds., M.Ds; 4. Ary Ramadhan, S.Pd., M.Pd.T. (Rel/ET)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru