Misi Kemanusian Pemkab Padang Pariaman ke Pasaman dan Pasaman Barat

PERISTIWA-731 hit

Penulis: Medio Agusta

PAGI menjelang siang, hari menampakan kecerahannya ketika Bupati Padang Pariaman dan rombongan bersiap untuk berangkat mengantar bantuan bencana gempa ke Kabupaten Pasaman Barat dan Kabupaten Pasaman.

Diawali dengan rapat koordinasi di ruang rapat Sekretariat Daerah (Setda), yang langsung dipimpin oleh Bupati Suhatri Bur didampingi Wabup Rahmang dan Sekretaris Daerah Rudy R Rilis bersama tim yang akan berangkat. Disepakati titik star dari halaman Kantor Bupati di kawasan Ibu Kota Kabupaten (IKK) Nagari Parit Malintang Kecamatan Enam Lingkung, Selasa (24/05).

Rombongan dipimpin langsung oleh Bupati Suhatri Bur didampingi Asisten II Zainil, Asisten III Fakhriati, dan Kepala Perangkat Daerah, Kepala Bagian dilingkungan Sekretariat Daerah, serta pejabat dan ASN dari OPD terkait. Bupati dan rombongan membawa bantuan berupa uang tunai berjumlah 220 juta dan selimut untuk kebutuhan para korban gempa Pasaman Barat dan Pasaman tahun 2021 yang lalu.

Kendaraan Dinas BA 1 F yang ditumpangi Bupati beserta kendaraan dinas Perangkat Daerah yang tergabung di dalam tim, di pandu oleh mobil Patroli dan Pengawalan (Patwal) dari Polisi Resort (Polres) dan Dinas Perhubungan Padang Pariaman bergerak menuju Pasaman Barat tepat pukul 11.00 Wib.

Ditengah hujan yang mengguyur, tepat Pukul 13.00 Wib bupati dan rombongan memasuki kawasan Simpang Empat Pasaman Barat. Mobil Patwal langsung memandu untuk memasuki halaman Pendopo Bupati Pasaman Barat. Rombongan disambut langsung oleh Bupati Hamsuardi yang didampingi Wakilnya Risnawanto.

Diawali dengan mencicipi hidangan yang telah disediakan dan Shalat Zuhur. Silaturrahim dilanjutkan dengan pertemuan yang dihadiri oleh Bupati Padang Pariaman bersama rombongan dan Bupati Pasaman Barat yang didampingi Wabup Risnawanto.

Pertemuan yang berlansung secara kekeluargaan ini dipandu oleh Sekda Pasaman Barat Hendra Putra. Dan juga dihadiri oleh Kepala OPD dan pejabat terkait dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman Barat.

Dalam sambutannya Bupati Pasaman Barat Hamsuardi menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan Bupati Padang Pariaman dan rombongan. Dia merasa terharu atas bentuk kepedulian yang ditunjukan masyarakat Padang Pariaman kepada masyarakat Pasaman Barat terutama para korban bencana gempa tahun lalu.

"Terima kasih atas kunjungan Bupati dan rombongan, juga terima kasih atas kepedulian masyarakat Padang Pariaman kepada masyarakat Pasaman Barat," ujarnya.

Dia juga menyampaikan kiriman salam dan rasa terima kasih masyarakat Pasaman Barat kepada masyarakat Padang Pariaman, terkhusus para donatur yang telah menyumbangkan sebagian reskinya. Dia berharap, wujud kepedulian ini bisa mempererat tali persaudaraan antara kedua masyarakat dan pemerintah daerah.

"Sekali lagi kami mengucapkan terima kasih kepada Mak Aciak dan rombongan, kok ndak bisa diterima jo telapak tangan jo nyiru kami tampuang," ungkap Hamsuardi yang juga ketua DPD PAN Pasaman Barat ini.

Bupati Hamsuardi juga menambahkan bahwa persahabatan bukan hanya dalam suasana berduka, di lain kesempatan masih banyak informasi-informasi yang bisa kita bersamakan. Makanya dia berharap, apa-apa yang ada di Padang Pariaman juga ada di Pasaman Barat.

"Kami juga mengundang kawan-kawan di lain kesempatan untuk dapat berbagi informasi," tutupnya mengakhiri.

Pada kesempatan yang sama Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur juga mengucapkan terima kasih atas sambutan Bupati Pasaman Barat. Dan dia sangat memuji kerja Bupati Hamsuardi beserta jajaran dalam manajemen bencana dan cara penanganan masalah di saat bencana maupun pasca bencana.

"Terima kasih sambutan uda, kami memuji cara penanganan masalah bencana sampai-sampai rumah dinas dan kantor Bupati menjadi tempat pengungsian masyarakat yang terkena gempa," sebut Suhatri Bur.

Suhatri Bur menambahkan bahwa kunjungan silaturrahimnya saat ini adalah kelanjutan kunjungan sebelumnya yang juga telah beberapa kali dilakukan dalam menyalurkan bantuan saat tanggap darurat dan pasca tanggap darurat. Dia menyebut bantuan tersebut adalah donasi dari masyarakat Padang Pariaman termasuk ASN, dikumpulkan dan dikoordinir oleh Bagian Kesra.

"Ini bukan APBD, tapi murni keikhlasan dari masyarakat Padang Pariaman terkusus ASN," ungkapnya singkat.

Pada kesempatan itu, Bupati Suhatri juga memperkenalkan Kepala OPD dan pejabat lainya yang ikut mendampinginya kepada Bupati Pasaman Barat. Kemudian kunjungan silaturrahim ini diakhiri dengan penyerahan bantuan berupa uang tunai 110 juta rupiah dan selimut 40 helai yang diserahkan oleh Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur dan diterima langsung oleh Bupati Pasaman Barat Hamsuardi.

Usai diterima secara resmi oleh Bupati Pasaman Barat, rombongan melanjutkan perjalanan menuju Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman via Malapah, sesuai rekomendasi Bupati Hamsuardi.

"Dikuatirkan karena masih dalam cuaca hujan, akan ada jalan longsor jika lewat talu," katanya sambil melepas rombongan Bupati Padang Pariaman menuju Pasaman.

Selama perjalanan, Bupati dan rombongan menyaksikan dampak guncangan gempa dari reruntuhan bangunan-bangunan perkantoran maupun rumah warga.Terselip rasa haru dari sanubari masing-masing penumpang mobil yang beriringan, termasuk dari penumpang mobil dinas BA 40 F yang ditumpangi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Padang Pariaman Zahirman didampingi Medi Hendra Pranata Humas nya dengan juru selamat Dedi Mulyadi dan 4 Insan Pers didalamnya ketika melihat tanda-tanda yang menyisakan bencana.

Sepintas terlihat aktifitas masyarakat sudah normal, meskipun diantara mereka masih harus tinggal di hunian sementara (Huntara) yang dibangun pemerintah setempat ataupun donasi pihak lainya karena rumah mereka tidak dapat ditempati lagi.

Setelah dua jam perjalanan, menempuh medan yang cukup unik dan asik, Bupati dan rombongan yang masih di pandu mobil Patwal sampai di Lubuk Sikaping Pasaman tepat pukul 17.00 Wib. Setibanya di Kantor Kantor Bupati Pasaman, kehadiran rombongan Bupati Suhatri Bur disambut hangat oleh Bupati Benny Utama yang didampingi Sekda Mara Ondak.

Kemudian tidak berselang lama pertemuan langsung digelar dengan suasana kekeluargaan dan sederhana. Pertemuan yang berlangsung selama 45 menit ini, juga dihadiri oleh Kepala OPD dan Pejabat terkait dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman.

Pada kesempatan itu, setelah mendapat izin dari tuan rumah Bupati Benny Utama. Bupati Suhatri Bur langsung menyampaikan maksud dan tujuan kedatangannya bersama rombongan. Dia menyampaikan, bahwa atas nama pemerintah daerah dan masyarakat Padang Pariaman dia datang lagi berkunjung ke Pasaman.

"Kedatangan kami kembali mengantar bantuan dan donasi dari masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman," ucap Suhatri Bur yang ketua DPD PAN Padang Pariaman ini.

Suhatri Bur yang senang di sapa Aciak ini menyampaikan kepada media, bahwa

bencana itu tidak bisa kita tolak namun kitia harus tetap berikhtiar untuk melakukan tindakan pencegahan dari dini. Dan dia berharap serta mendoakan semoga masyarakat Padang Pariaman dan Pasaman kedepan terhindar dari segala bencana.

"Meskipun kita tidak bisa menolak bencana, namun kita wajib berikhtiar melakukan upaya pencegahan dari dini, salah satu jalannya adalah memberikan edukasi kebencanaan kepada masyarakat," sampainya saat diwawancarai oleh wartawan, Lubuk Sikaping (24/05).

Lebih lanjut Suhatri Bur mengharapkan "Semoga bantuan ini bermanfaat dan dapat meringankan beban saudara-saudara kita disini," tutupnya.

Setelah itu, Bupati Pasaman Benny Utama dalam pertemuan tersebut mengucapkan terima kasih, atas kepedulian dan partisipasi Pemerintah Daerah dan masyarakat Padang Pariaman. Dia menegaskan akan memanfaatkan bantuan ini dengan sebaik-baiknya dan memastikan donasi yang diberikan akan disalurkan seperti bantuan lainya melalui pengelolaan rekening donasi yang telah di buka dan di kelola sejak gempa terjadi oleh pemerintah daerah.

"Terima kasih Pak bupati dan masyarakat Padang Pariaman semoga bantuan ini dapat membantu meringankan beban masyarakat kami yang terkena bencana gempa tahun lalu," ucap Benny.

Senada dengan Bupati Padang Pariaman, Benny juga mendoakan agar kedepan Kabupaten Pasaman dan Padang Pariaman Sumatera Barat umunya dijauhkan dan terbebas dari bencana apapun.

"Mudah-mudahan kita dijauhkan dari bencana, meskipun bencana tidak bisa kita tolak," pungkasnya.

Kemudian pertemuan singkat ini diakhiri dengan penyerahan bantuan dari Bupati Padang Pariaman yang diterima langsung oleh Bupati Pasaman Benny Utama. Bantuan yang diserahkan berupa uang tunai berjumlah 110 juta rupiah dan 40 helai selimut.

Setelah menyerahkan bantuan, tepat pukul 18.00 Wib Bupati dan rombongan pahlawan kemanusiaan ini kemudian melakukan perjalanan pulang menuju Kabupaten Padang Pariaman. Pahlawan kemanusiaan ini kembali untuk melanjutkan tugas-tugas rutin sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Padang Pariaman.

Masih dalam pengawalan mobil Patwal, Bupati dan rombongan kembali di pandu menuju Padang Pariaman menempuh rute awal. Setelah menempuh perjalanan lebih kurang empat jam, Bupati dan rombongan kembali mendarat di bumi Padang Pariaman tercinta. Masing-masing mengambil kesempatan itu untuk beristirahat dan mengumpulkan energi untuk bersemangat kembali esok harinya melaksanakan rutinitas kantor sebagai abdi negara.

Tulisan ini mari kita tutup dengan berdoa kepada Allah SWT, insya Allah kita semua selalu dilimpahkan keselamatan dan terhindar dari musibah bencana. Ya Allah hindarilah kami dari segala bencana berikan kepada kami keselamatan dan kesehatan. Berikan kesabaran dan semangat untuk bangkit bagi saudara kami yang sudah ditimpa bencana, semoga ini yang terakhir mereka terima dan menjadi ujian bagi mereka dalam meningkat kualitas hidup di sisi mu Ya Allah.

Ya Allah dengar doa kami dan kabulkanlah. Amin...(***)

Laporan Oleh : Medy Hendra Kominfo Padang Pariaman

Loading...

Komentar

Berita Terbaru