Guru Agama Islam Dapat Mengimbangi Perkembangan Teknologi dan Globalisasi

PENDIDIKAN-453 hit

Penulis: Redaktur

Padang Aro, Pelaksanaan Seminar Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan PKB) bagi 22 orang guru Pendidikan Agama Islam (PAI) se-Kecamatan KPGD secara resmi dibuka Korwil UPTW Kecamatan yang diwakili Pengawas PAI Kecamatan KPGD, Susmaladewi, S. Pdi. M. Pd, di SD Negeri 20 Sungai Rambutan, Sabtu (19/3/2022).

Dalam sambutan pembukaannya Susmaladewi mengatakan, perkembangan teknologi dan globalisasi saat ini berlangsung sangat cepat. Oleh karena itu, para tenaga pendidik harus mengimbanginya agar bisa mencapai standar professional mengajar.

"Bagi mereka yang bisa mengimbangi perkembangan teknologi dan globalisasi tentu bukan suatu masalah. Tetapi bagi yang sebaliknya, pasti akan memberikan dampak ketidak nyamanan dan bahkan menjadi kecemasan seorang guru, " ujarnya.

Untuk itu kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru PAI SD ini dilakukan. Sebab, sebagai guru profesional mampu melakukan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan atau PKB.

Tuntutan guru profesional adalah sebuah keniscayaan karena guru merupakan faktor terpenting terhadap kualitas pendidikan. "Guru yang profesional akan mampu mencetak output siswa yang bermutu, siswa yang siap berkompetisi dan siap memenangkan persaingan," pungkas Susmaladewi.

Sementara itu, Instruktur Nasional PKB Kabupaten Solok Selatan, Esty Kuswarda Yeni, S. Pdi dikesempatan tersebut memaparkan, berbagai kiat untuk menjadikan guru agama Islam didaerah tersebut dapat melakukan berbagai akitiftas secara online dengan aplikasi yang sudah di siapkan.

Pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) adalah pengembangan kompetensi yang dilakukan guru sesuai kebutuhan, bertahap, dan berkelanjutan sehingga dapat meningkatkan profesionalitas guru, terutama Guru Agama Islam di daerah ini," jelasnya.

Artinya, aktifitas guru mulai dari absensi, pelaksanaan kegiatan PBM, dan pelaksanaan penelitian keprofesian setelah dilakukan dapat diakses secara online melalui aplikasi yang sudah disiapkan tersebut," jelas Esty.

" Bentuk dari PKB tersebut meliputi unsur pengembangan diri, publikasi ilmiah, dan karya inovatif.Dengan PKB diharapkan akan terwujud guru yang profesional dan memiliki ilmu pengetahuan yang kuat dan memiliki kepribadian yang matang, kuat, dan seimbang, " harap Esty

Ditempat terpisahPembina Pendamping KKG PAI Kecamatan KPGD, Kasniati, M. Pd, berharap pada peserta seminar untuk dapat mengimplementasikan ilmu yang diperoleh disekolah masing-masing. Sehingga peserta didik kedepannya akan berkualitas dan berbudi pekerti yang lebih baik lagi. Hal tersebut tentu dimulai dari guru itu sendiri, " harapnya.

Kedepan tentu diharapkan seluruh peserta Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan tersebut dapat memenuhi tuntutan Peraturan Kemendikbud dan Kemenag Republik Indonesia. AA

Loading...

Komentar

Berita Terbaru