Buku Berjudul Mengelola Harapan Dibedah di UNP

PENDIDIKAN-135 hit

PADANG - Universitas Negeri Padang (UNP) membedah buku berjudul Mengelola Harapan: Refleksi Praktik Pendidikan dan Budaya yang ditulis oleh Tatang Muttaqin, Ph.D., Direktur Pendidikan danIlmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas).

Acara bedah bukuini dilakukan secara daring oleh UNP dan juga disiarkan melalui Live Youtube, Kamis (28/10/2021). Bedah buku menghadirkanRektor Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang,Prof. Dr. Martin Kustati, M.Pd.

"Sebagaipenelaahyang membahas sisi pendidikan dari buku ini dan penerapannya dalam konteks pendidikan, sehingga buku ini sangat memberi penguatan bagi pembaca," kata Rektor baru UIN Iman Bonjolperiode 2021-2025 ini.

Baca Juga


Rektor UNP, Prof. Ganefri, Ph.D., sebagai penelaah keduamenyampaikan materi dengan judul Mengelola Harapan:Inspirasi, Kearifan dan Pembelajaran, mengatakan, Buku Karangan Tatang Mutaqqin telah mampu memberikan spirit berupa inspirasi bagi pembaca, karena memberikan pengetahuan dan semangat untuk terus menggapai harapan.

"Juga banyak kearifan berdasarkan cerita dan pengalaman penulis yang bisa dipetik dan dijadikan refleksi untuk maju menatap masa depan dan sekaligus buku ini juga merupakan salah satu buku yang mesti dibaca oleh kalangan orang tua, dan pendidik, pembuat kebijakan," ujar Rektor Ganefri.

Selain itu ada tiga dimensi dari cerita hidup ini, yaitu dari sisi psikologis adalah bagaimana daya juang penulis dalam menuntut ilmu di luar negeri, secara sosiologis adanya pendidikan budaya dan mengenal lingkungansosial masyarakat lain serta secara religius juga berisi pengalaman rohani penulis yang bisa diakomodasi untukpengguatannilai keagamaan.

Di bagian akhir kegiatan bedah buku ditutup dengan sepatah kata dari penulis Tatang Muttaqin, Ph.D., yang menjelaskan tujuan buku ini ditulis dan bagaimana pengalamannya dalam pendidikan serta kisah perjalanannya yang juga banyak tantangan dalam memperjuangkan harapan. (Rel/Je)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru