Dua Tim UNP Lolos ke Tingkat Nasional Kontes Robot Indonesia 2021

TEKNO-762 hit

PADANG - Dua Tim Robot dari Unit Kegiatan Robotika dan Otomasi (UKRO) Universitas Negeri Padang (UNP) melaju ke Kontes Robot Indonesia (KRI) 2021 tingkat nasional. Kedua Tim itu yakni Tim Artscitech dan Tim Doa Mandeh, setelah keduanya meraih tempat ketiga dan kedua pada ajang KRI Tingkat Wilayah I 2021. Keberhasilan ini mendapat pujian dan ucapan selamat dari Rektor UNP yang disampaikan Wakil Rektor III (Bidang Kemahasiswan) Hendra Syarifuddin, Ph.D.

Tim Artscitech lolos ke tingkat nasional setelah meraih juara tiga dalam Kontes Robot Indonesia (KRI) cabang Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI). Sedangkan tim Do'a Mandeh menorehkan prestasi juara dua dalam cabang Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Sabtu (25/9/2021).

Sebelumnya, skor yang diperoleh tim Doa Mandeh dengan skor tim Isola_229 dari Universitas Pendidikan Indonesia, sama-sama 49. Namun, berdasarkan aturan sistem penilaian jika terjadi seri, tim Isola_229, UPI keluar sebagai juara 1.

"Poin yang kami peroleh dengan UPI, itu seimbang yaitu 49 poin. Namun, dari sistem penilaian untuk wilayah, jika poin seimbang, maka ditinjau dari perolehan poin di scoring spot dua dan empat," ujar ketua tim Doa Mandeh, Relif Hagler Sentosa Marbun, Minggu (26/9) sebagaimana dilansir ganto.co.

"Untuk scoring spot empat, UNP dan UPI tidak ada perolehan. Namun, untuk scoring spot dua mereka unggul satu poin," lanjutnya.

Meskipun tidak menjadi juara satu, tim Doa Mandeh tetap lulus dan akan bertanding di KRI tingkat nasional pada 12-17 Oktober mendatang.

Atas capaian prestasi di KRI, Ketua Umum UKRO, Usin mengucapkan selamat kepada Tim Doa Mandeh dan Artscitech. Ia berpesan agar tim tersebut dapat memaksimalkan persiapan menghadapi KRI Tingkat Nasional.

Selain itu, Ia menyampaikan motivasi kepada tim agar tidak berkecil hati dan menjadikan kekalahan tersebut sebagai evaluasi tim. "Jangan berkecil hati, kalian telah memberikan yang terbaik. Jadikan pencapaian saat ini sebagai bahan evaluasi dan batu loncatan untuk menjadi juara di KRI 2022," ucapnya.

Wakil Rektor III UNP Hendra Syarifuddin, Selasa pagi menyebutkan, keberhasilan ini membuat kebanggan tersendiri bagi UNP. Ia meminta kedua tim melakukan persiapan yang matang guna ikut lomba di tingkat nasional.

"UNP mohon doa restu semua pihak, agar kedua tim bisa meraih hasil maksimal di KRI nasional yang bakal digelar 12-17 Oktober mendatang," ujar Hendra.

(KRI) Tingkat Wilayah I 2021 yang digelar secara daring berakhir, Sabtu (25/9). KRI Tingkat wilayah I dibuka Kamis (23/9/2021) dan diikuti 58 tim dari 140 perguruan tinggi.

KRI ini mempertandingkan enam divisi yaitu Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI), Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI), Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia Beroda (KRSBI-Beroda), dan Kontes Robot Sepak Bola Indonesia Humanoid (KRSBI-Humanoid).

Perjalanan UKRO

Semenjak diangkat jadi UK tahun 2018 di UNP, UKRO telah menorehkan beberapa prestasi. Tahun 2018 meriah Juara I regional tim KRPAI dan Strategi terbaik tim KRPAI. Tahun 2019 Desain Terbaik Tim KRSBI Regional I Sumatera. (Je)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru