Tim Pengabdian Kimia UNP Latih Petani Nagari Nilam Bukit Sundi Solok Buat Pupuk Organik dari Jerami

PENDIDIKAN-486 hit

SOLOK - Tim Pengabdian Masyarakat Jurusan Kimia Universitas Negeri Padang (UNP) yang diketuai Okta Suryani, S.Pd., M.Sc., Ph.D memberikan pelatihan membuat pupuk organik dari limbah jerami padi kepada petani di Nagari Dilam Kecamatan Bukit Sundi Kabupaten Solok, Sumbar.

Disebutkan Okta, PKM ini difokuskan untuk memberikan pelatihan pada petani padi mengenai pembuatan pupuk organik dari limbah jerami padi, mulai dari bagaimana tahapan kerja, apa proses yang terjadi dan produk yang dihasilkan. Kegiatan ini tidak hanya memberikan dampak yang positif dengan mempermudah kerja petani supaya tidak harus membakar jerami sisa panen, mengurangi emisi CO2 pembakaran jerami, namun juga produk yang dihasilkan dapat digunakan sebagai pupuk organic yang lebih ramah terhadap struktur tanah.

Pelatihan yang dilaksanakan 10 Agustus 2021 ini, di difokuskan pada kelompok tani Tuah Sakato dengan anggota 21orang dengan mempertimbangkan protokol kesehatan di kondisi pandemi ini. Peserta kegiatan difasilitasi dengan pemberian masker, hand sanitizer dan hand soap. Tempat pelatihan sendiri dilangsungkan di MushallaRawang, Jorong Batu Sangkar, Nagari Dilam, Kecamatan Bukit Sundi, KabupatenSolok

Baca Juga


Pola pelatihan terdiri dari kegiatan terstruktur, mandiri dan monitoring (menerima laporan masyarakat dengan bantuan mitra di rentang waktu Agustus-November.

" Tahapan kegiatan yang dilakukan adalah penyuluhan tentang dampak negatif jika jerami tidak dimanfaatkan dengan baik, metode pengolahan limbah jerami, manfaat limbah ini jika diolah dengan baik, dan pelatihan bagaimana teknik pembuatan pupuk organik dengan metode yang efektif sehingga mengasilkan fermentasi jerami hingga menjadi pupuk dalam waktu yang singkat yakni 1 bulan. Kemudian dilanjutkan dengan praktek langsung pembuatan pupuk organik dari Jerami padi," ujar Okta.

Adapun tim yang melaksankan kegiatan ini diketuai Okta Suryani, S.Pd., M.Sc., Ph.D, dengan anggota Hesty Parbuntari, S.Pd., M.Sc, Dr. Riga, M.Si, Annisa Dewi Pangestuti, S.Si., M.Si, termasuk Kepala Pusat Pengabdian Masyarakat UNP, Dr. Mawardi, M.Si dibantu mahasiswaa, Yogi Fernanda Saputra dan Ferdi Henfi Pratama. (Je)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru