Putus Rantai Covid-19, Pemkab Solsel Lakukan Tes Swab Massal

KESEHATAN-353 hit

PADANG ARO - Pemkab. Solok Selatan optimalkan pelaksanaan uji swab secara massal dalam rangka memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19, melalui identifikasi dari hasil yang terkonfirmasi covid di daerah itu.

Seperti yang dikatakan Pjs. Bupati Solsel, Jasman, dengan semakin banyaknya yang di swab, akan semakin mudah mengendalikan penyebaran covid-19 di Solok Selatan.

"Saya semalam telah komunikasi dengan Pak Gubernur dan Dr. Andani. Kita Solok Selatan diprioritaskan untuk test swab sebanyak-banyaknya," kata Jasman

Syukurnya, Pemerintah Provinsi akan membantu kebutuhan yang belum tersedia untuk pelaksanaan swab nanti. Bahkan Kadis Kesehatan Provinsi juga sudah dikontak terkait keperluan untuk tes PCR di Solsel, " tambah Jasman.

Menurut Jasman, sasaran yang akan dilakukan uji swab antara lain, ASN dilingkungan Pemkab. Solsel, guru semua tingkatan sekolah, Tenaga Kontrak, Guru Mengaji, jajaran Kecamatan, perangkat walinagari, pemilik dan pelayan rumah makan, penjual kuliner, TNI, Polri, BUMN, BUMD dan orang-orang yang diduga berpotensi terpapar lainnya.

Bahkan untuk jajaran pendidikan, Bupati Solsel melalui surat bernomor, 420/497/ DPKO-2020 tertanggal 8 Oktober 2020 telah mengeluarkan surat dengan prihal Instruksi melaksanakan tes swab bagi warga SMA, SMK dan SLB. Kepala Koordinator Wilayah Kecamatan, Pengawas, SMA, SMK, SMP dan SD. Pada Kepala MA, MTs, MI, Kepala UPT SMP, SD serta Kepala PAUD, SKB, PKBM se-Solok Selatan.

"Guna mendukung pelaksanaan swab massal ini, pihak kesehatan diminta untuk menyikapinya dengan seksama, dan segera lakukan koordinasi, " ungkap Jasman Rizal.

Ditempat terpisah, Plt. Kadis Pendidikan Solsel Novrizon menjelaskan, bahwa jumlah tenaga pendidik dan kependidikan se-Solsel yang akan dilakukan tes swab tercatat sebanyak 3100 orang dari semua tingkatan pendidikan.

Adapun jawab untuk tenaga pendidik yang akan melakukan tes swab di fasilitas kesehatan terdekat denganguru tinggal akan dilaksanakan pada tanggal 13-15 Oktober 2020, " tambah Novrizon.

Sementara itu, Kadis Kesehatan Solsel, Dr. H. Novirman, Jumat (9/10/2020) usai bertemu Pjs Bupati Jasman Rizal menjelaskan, bahwa untuk tempat pengambilan tes swab akan dilakukan di 10 unit Puskesmas yang tersebar di tujuh kecamatan dan di RSUD Solsel.

Sementara masalah peralatan untuk pengambil swab, menurut Novirman sudah siap. Ada beberapa kekurangan akan dijeput ke Padang senin besok.

Sedangkan untuk tenaga kesehatan, yang akan melakukan pengambilan swab, semuanya sudah terlatih, dan masing-masing puskesmas akan diberdayakan sebanyak 6 orang. Sementara untuk di RSUD dipastikan akan banyak tenaga kesehatannya. AA

Loading...

Komentar

loading...

Berita Terbaru