Dinkes Padang Panjang Gelar Pelatihan Konselor Sebaya di Pontren Kauman

Penulis: Shintia/Lex | Editor: Marjeni Rokcalva

PADANG PANJANG - Guna menghadirkan wadah yang bisa dimanfaatkan siswa di Kota Padang Panjang, Dinas Kesehatan (Dinkes) melalui UPTD Puskesmas Koto Katik menggelar Pelatihan Konselor Sebaya di sekolah dan masyarakat, Sabtu (5/8/2023).

Bertempat di halaman Pondok Pesantren (Pontren) Kauman Muhammadiyah, kegiatan rersebut dihadiri Kepala Dinkes, dr. Faizah, Kepala Puskesmas Koto Katik, Irda Yulia, SKM dan lainnya.

Kegiatan ini bertujuan membentuk kelompok konselor sebaya di sekolah, membantu menyosialisasikan peran dan fungsi bimbingan konseling, meningkatkan kompetensi diri, pribadi yang positif agar mampu menjadi konselor. Serta membantu memecahkan permasalahan teman sebaya melalui kegiatan konseling.

Baca Juga


Puskesmas sebagai salah satu wadah yang memfasilitasi pemantauan dan pendampingan terhadap remaja melalui program Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR), juga menjalankan kegiatan pemberian informasi dan edukasi kepada remaja, pelayanan klinis medis, termasuk pemeriksaan penunjang dan rujukan.

Dokter Faizah menyampaikan, agar wadah konselor sebaya ini dapat dimanfaatkan siswa guna terhindar dari hal-hal yang menyimpang.

"Kita berharap dengan ilmu dan skill yang dimiliki konselor sebaya, teman sebaya yabg lain merasa ada yang mendampingi dan mengarahkan ke arah yang positif," ujarnya.

Konselo, katanya, juga berusaha menjajaki kemungkinan masalah dan merancang bantuan yang mungkin dilakukan. Yaitu dengan membangkitkan semua potensi klien, dan menentukan berbagai alternatif yang sesuai bagi antisipasi masalah.

Pada kegiatan tersebut juga dilantik Duta Konselor Sebaya, Ananda Azzura Suci Rindia dan Tsabit Aqdamana Fil Haq.

"Semoga duta yang terpilih dapat menjadi motor dan role model untuk konselor sebaya yang sudah dilantik serta dapat mengemban amanah dan berbuat baik terhadap sesama. (Shintia/Lex)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru