Februari-Agustus, Dinkes Padang Panjang akan Berikan Vitamin A untuk Balita

KESEHATAN-325 hit

Penulis: Shintia/Lex | Editor: Vajrel Tri Ananda

PADANG PANJANG -- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Padang Panjang melalui Puskesmas akan memberikan Vitamin A dan Penimbangan Massal untuk anak bawah lima tahun (balita) se-Kota Padang Panjang pada Februari ini hingga Agustus mendatang.

Hal ini disampaikan Kepala Dinkes, dr. Faizah, Jumat (2/2/2024). Ia menyampaikan, Februari hingga Agustus ini juga dikenal dengan Bulan Vitamin A. Balita akan mendapatkan Vitamin A untuk bayi umur 6-11 bulan, kapsul biru (dosis 100.000 IU). Balita umur 12-59 bulan, kapsul merah (dosis 200.000 IU). Vitamin A kapsul merah juga diberikan pada ibu nifas.

"Guna mencegah penyakit yang disebabkan kekurangan Vitamin A, kami imbau kepada masyarakat yang memiliki balita agar membawa ke posyandu terdekat untuk mendapatkan Vitamin A secara gratis selama bulan Vitamin A ini," ujarnya.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Pencegahan dan Pengendalian Penyakit ( Kesmas P2P), Rahmaisa, SKM menambahkan Vitamin A atau Retinol merupakan salah satu zat yang terlibat dalam pembentukan, produksi dan pertumbuhan sel darah merah, sel limpofit, antibodi juga integritas sel epitel pelapis tubuh.

"Vitamin A juga dapat mencegah rabun senja, xeriftalmia, kerusakan kornea dan kebutaan serta mencegah anemia pada ibu nifas. Kekurangan Vitamin A meningkatkan risiko anak menjadi rentan terkena penyakit infeksi. Seperti infeksi saluran pernafasan atas, campak dan diare," tuturnya. (Shintia/Lex)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru