Menpora Luncurkan Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional XVII di Auditorium Universitas Negeri Padang

PENDIDIKAN-578 hit

Penulis: ET | Editor: Medio Agusta

PADANG - Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Prof. Dr. Zainudin Amali, S.E., M.Si., meresmikan peluncuran Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS XVII) yang bertempat di Auditorium Universitas Negeri Padang Kampus UNP Air Tawar Padang pada Kamis (25/8).

Dalam sambutannya, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali menyampaikan bahwa kita bersyukur Sumatera Barat menjadi penyelenggara Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional tahun 2022 ini karena jika ditunggu menjadi penyelenggara Pekan Olahraga Nasional bisa jadi menunggu hingga 120 yang akan datang.

"Penyelenggaraan POMNAS XVII akan memberikan dampak pertumbuhan ekonomi dan diharapkan Sumatera Barat dapat menjadi tuan rumah yang ramah," jelas Menpora Zainudin Amali.

Baca Juga


Lebih lanjut kata Menpora Zainudin Amali, untuk yang akan datang Provinsi Sumatera Barat harus mengembangkan wisata olahraga dalam satu paket dengan prestasi olahraga karena alam dan geografi Sumatera Barat sangat potensial untuk hal tersebut.

"Kegiatan Tour de Singkarak di Sumatera Barat sebaiknya kembali diselenggarakan karena sudah dikenal di dunia dan sangat potensial mengembangkan pertumbuhan ekonomi masyarakat," tambah Menpora Zainudin Amali.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi, Nadiem Makarim, menyampaikan bahwa POMNAS XVII dapat meningkatkan prestasi olahraga mahasiswa melalui Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional yang akan diselenggarakan pada bulan November tahun 2022.

Rektor Universitas Negeri Padang Prof. Ganefri, Ph.D. dalam laporannya menyampaikan bahwa sejak tiga tahun lalu ketika Pomnas XVI di Jakarta, Universitas Negeri Padang bersama beberapa perguruan tinggi di Sumatera Barat meminta untuk menyelenggarakan POMNAS XVII di Padang dan didukung oleh Pemerintah Sumatera Barat dan DPRD Sumatera Barat.

"POMNAS XVII yang diluncurkan pada hari ini adalah peluncuran maskot, logo, dan sistem. Kegiatan peluncuran adalah bagian dari kegiatan POMNAS yang diselenggarakan pada 17 hingga 26 November 2022" tegas Prof. Ganefri, Ph.D.

Kepada Menpora, Rektor Universitas Negeri Padang Prof. Ganefri, Ph.D. menyampaikan bahwa Universitas Negeri Padang siap mendukung penyelenggaraan desain besar pengembangan olahraga di Indonesia.

"Untuk penyelenggaraan desain besar pengembangan olahraga di Indonesia, Universitas Negeri Padang memiliki fasilitas sarana dan prasarana olahraga, sekolah bagi atlet, dan asrama bagi para atlet," tambah Prof. Ganefri, Ph.D.

Pada kesempatan itu, Prof. Ganefri, Ph.D. mengemukakan bahwa kegiatan POMNAS XVII pada November akan diikuti oleh 8602 atlet dan sekitar 2006 offisial sehingga sekitar 10.000 lebih akan hadir di Provinsi Sumatera Barat.

"Universitas Negeri Padang sebagai penyelenggara POMNAS XVII bertekad memperoleh trisukses yakni sukses penyelenggara, sukses prestasi, dan sukses mendorong pertumbuhan daerah Sumatera Barat," tambah Prof. Ganefri, Ph.D.

Wakil Gubernur Sumatera Barat Dr. Ir. Audy Joinaldy, S.Pt., M.Sc., M.M., IPM, ASEAN.Eng. menyampaikan bahwa kehadiran sekitar 10.000 lebih pada POMNAS XVII akan memberikan dampak ekonomi yang baik bagi Sumatera Barat.

"Kami mengajak seluruh masyarakat Sumatera Barat untuk menyambut tamu dari POMNAS XVII dengan ramah sehingga saudara-saudara yang datang pada POMNAS XVII akan hadir kembali," jelas Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy.

Lebih lanjut Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy, mengharapkan penyelenggaraan POMNAS XVII ini dapat terselenggara dengan aman dan sukses. (ET)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru