Sendratasik FBS UNP Gelar Seminar Bertajuk Pendidikan Seni Pertunjukan dalam Spirit Kampus Merdeka

PENDIDIKAN-311 hit

PADANG - Jurusan Sendratasik, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Padang mengadakan Seminar Nasional Tahun 2021 dengan Tema "Pendidikan Seni Pertunjukan dalam Spirit Merdeka Belajar Kampus Merdeka" pada Sabtu (13/11) secara virtual. Kegiatan ini merupakan agenda tahunan Jurusan Sendratasik FBS UNP dalam bentuk seminar yang diadakan sesuai kondisi pandemi yang dilaksanakan secara daring/virtual dan diikuti sekitar 800-an peserta yang terdaftar dan terdiri dari Dosen, Guru, Seniman/Budayawan, Mahasiswa, dan peserta umum.

Dalam laporannya, Ketua Pelaksana Drs. Tulus Handra Kadir, M.Pd. menyampaikan bahwa pemilihan tema kegiatan ini terkait dengan semakin pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada Abad 21 yang turut melahirkan perubahan ataupun pembaharuan di berbagai bidang kehidupan, tidak terkecuali bidang pendidikan.

"Dalam bidang pendidikan, guru atau pendidik ataupun calon tenaga pendidik kelak memiliki peran penting dalam menciptakan generasi yang memiliki keterampilan hidup abad 21," jelas Drs. Tulus Handra Kadir, M.Pd.

Baca Juga


Oleh karena itu, kata Drs. Tulus Handra Kadir, M.Pd., setiap pendidikan dan calon tenaga pendidik dituntut untuk terus mengembangkan kemampuannya dalam mengolah kegiatan pembelajaran, salah satunya melalui seni pertunjukan.

Dekan Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang, Prof. Dr. Ermanto, S.Pd, M.Hum., dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat penting dalam memberikan pemahaman kepada pendidik/Guru untuk menciptakan generasi-generasi yang berakhlak mulia, kreatif dan inovatif dalam memecahkan masalah-masalah serta tantangan yang akan dihadapinya pada masa mendatang.

Dr. Refnaldi, M.Litt., Wakil Rektor I mewakili Rektor dalam sambutannya berpesan bahwa perlunya generasi-generasi abad 21 untuk menyiapkan diri mengahadapi tantangan zaman yang dibekali melalui proses pembelajaran oleh pendidik/guru, meliputi aspek sikap/ prilaku (afektif), pengetahuan/wawasan (kognitif), serta keterampilan (psikomotor).

"Pimpinan Universitas Negeri Padang memberikan dukungan untuk pelaksanaan Seminar Jurusan Sendratasik agar dapat dilaksanakan dalam skop internasional untuk masa yang akan datang," harap Dr. Refnaldi, M.Litt.

Kegiatan yang dimoderatori oleh Dr. Fuji Astuti, M.Hum. pada siang hingga sore tersebut, memandu beberapa orang pembicara, dengan Pemakalah Kunci Hj. Dewi Coryati, M.Si (Anggota DPR RI Komisi X) dengan judul makalah Pendidikan Seni dalam Pendidikan MBKM dan membahas tentang tujuan dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Prof. Drs. Triyono Bramantyo P. M. Ed., Ph.D. (Profesor of Music, Institut Seni Indonesia Yogyakarta) dengan judul "Ke Arah Strategi dan Inovasi Pendidikan Sendratasik" menjelaskan tentang fakta-fakta pendidikan saat ini, kemudian dikaji menggunakan metode spekulatif dan elaboratif untuk melihat fenomena kehidupan anak- anak zaman sekarang yang sudah mulai bergeser dalam segi; makna yang terkandung di dalam permainan tradisional anak-anak implisit memiliki faktor imajinatif, pesan-pesan khusus, dan unsur estetis di dalamnya; apakah relevan dengan kondisi sosial dari masyarakat baru yang sedang diciptakan saat ini; serta unsur-unsur teatrikal dalam permainan tersebut tidak lebih bersifat kreatif dibanding duduk di depan televisi dan menonton drama anak-anak yang serba instant dan kurang apresiatif.

Selain itu, Prof. Dr. Yudiaryani, M.A. (Profesor Seni Teater Institut Seni Indonesia Yogyakarta/Lembaga Teater Perempuan MAS Yogyakarta) dengan judul makalah "Seni Pertunjukan Interkultur dan Dramaturgi" membahas tentang relasi sains, teknologi, dan seni pada abad ke-20; serta gagasan pascadramatik dan dramaturgi baru.

Dr. Elindra Yetti, M.Pd. (Dosen Pendidikan Seni Tari, Universitas Negeri Jakarta/AP2SENI) dengan judul makalah "Strategi Pembelajaran Seni Abad 21" membahas tentang tujuan pendidikan seni, masalah pendidikan seni, tantangan pembelajaran abad 21 dan Solusi dari permasalahan mengenai Peningkatan Kopetensi Guru; Peningkatan Peran Guru; Penguasaan Teknologi; dan Inovasi Model/Strategi Pembelajaran.

Pada kesempatan itu, Prof. Dr. Ardipal, M.Pd. (Profesor Pendidikan Seni Musik, Sendratasik FBS UNP/PERPROMI) dengan judul makalah "Pendidikan Musik dalam MBKM; Penyiapan Karier di Abad 21) membahas tentang fenomena pendidikan musik pada abad 21 serta relevansinya dengan program MBKM dalam menyiapkan peserta didik dan lulusan yang dapat beradaptasi sesuai dengan perkembangan zaman.
Dr. Jagar Lumbantoruan, M.Pd. (Dosen Prodi Pendidikan Musik Jurusan Sendratasik) dengan judul makalah "Penerapan Case Method dan Project Based Learning dalam Pembelajaran" membahas tentang metode kasus dan prijject/ produk dari proses pembelajaran; tujuan pengguanaan metode kasus; tipe-tipe kasus; bagaimana menerapkan studi kasus; bagaimana merancang pembelajaran berbasis kasus dan proyek; serta kaitan dimensi belajar dan metode kasus.

Dr. Syeilendra, S.Kar., M. Hum. (Dosen/Ketua Jurusan Sendratasik FBS UNP) dengan judul makalah "Pertunjukan Alu Katentong" membahas tentang pertunjukan alu katentong, pada upacara pesta perkawinan; unsur-unsur pendukung pertunjukan; bentuk pertunjukan; serta fungsi kesenian alu katentong dalam masyarakat.

Kegiatan bertajuk "Pendidikan Seni Pertunjukan dalam Spirit Merdeka Belajar Kampus Merdeka" ini berjalan dengan lancar dan diikuti seksama oleh seluruh peserta hingga akhir/penutup kegiatan. Kegiatan ini juga mempergelarkan pertunjukan secara live virtual, dengan menampilkan Paduan Suara PNM Sendratasik FBS UNP serta acara hiburan yang mengisi di sela kegiatan dengan penampilan Band yang terdiri dari Dosen-Dosen serta alumni Jurusan Sendratasik FBS UNP, sehingga kegiatan menjadi semakin semarak dan meriah yang membuat peserta bertahan hingga akhir. (ET/HK)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru