Kreatif! Dua Mahasiswa Ciptakan Gantungan Kunci Bergambarkan Objek Wisata di Solok Selatan

EKONOMI-2825 hit

PADANG ARO - Sebagai bentuk pengabdian ditempat melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) atau tempat Magang, dua mahasiswa yang merupakan anak nagari mengapresiasi ide dan program yang dirancang oleh Wali Nagari.

Ide yang diaplikasikan dua orang mahasiswa yang juga putra/putri nagari setempat adalah produk gantungan kunci dengan gambar berbagai objek wisata yang ada di daerah tersebut.

"Ini sebetulnya ide dari Pak Wali Pepi Suhendra yang kami realisasikan," kata Randi Surya Pradana, Mahasiswa STKIP PGRI Jurusan Pendidikan Ekonomi Semester VI, dan Monika Andriani, Mahasiswa Politeknik Negeri Padang, Jurusan Administrasi Bisnis, Semester VI, Selasa (18/5/2021).

Baca Juga


Artinya, wali nagari itu berkeinginan adanya produk anak nagari yang bisa menjadi sumbangsi untuk mempromosikan wisata daerah, serta adanya usaha baru untuk peningkatan ekonomi dan peluang lapangan kerja baru bagi warga masyarakat.

"Sesuai dengan kemampuan yang kami miliki, dan sesuai dengan tantangan yang diberikan wali nagari terkait pembuatan gantungan kunci tersebut, langsung kami respon. Dan alhamdulillah, saat ini hasilnya sudah bisa dibuktikan pada pak wali," ungkapnya.

Randi maupun Monika menjelaskan, untuk pembuatan desain dan pemasangan desain yang bergambar berbagai objek wisata yang ada di daerah ini ke gantungan kunci mampu di selesaikan sebanyak 100 buah per hari.

"Segala kemampuan yang kami miliki, terkait pembuatan desain gantungan kunci ini, telah pula kami tularkan pada perangkat nagari, termasuk bagi pemuda / pemudi nagari yang punya keinginan berwirausaha," pungkas Randi.

Sementara itu, Wali Nagari Sako Selatan Pasia Talang, Kecamatan Sungai Pagu, Pepi Suhendra mengatakan, hasil gantungan kunci dengan gambar objek wisata Solok Selatan merupakan ide kreatif mahasiswa anak nagari dalam rangka magang.

"Itu murni ide mereka (Mahasiswa Magang) untuk mengaplikasikan keinginan kami, kami memberikan apresiasi kepada dua mahasiswa anak nagari ini," jelasnya.

Tentunya ilmu yang mereka punya ini telah ditularkan kepada perangkat nagari dan pemuda dan pemudi. Dengan harapan kedepannya akan mampu menciptakan lapangan kerja bagi generasi muda.

Dia menyebutkan, untuk pemasaran, Wali Nagari Sako Selatan Pasia Talang akan memasarkan ke Dinas Pariwisata dan Koperindag. Selain itu kepada biro travel wisata, Bank dan objek wisata di Solok Selatan.

"Semoga kedepannya ini mampu menjadi perhatian bagi pihak terkait agar muncul ide-ide kreatif lainnya dinagari atau objek wisata lainnya dikabupaten ini," jelasnya.

Dia menambahkan, gantungan kunci ini juga bisa menjadi souvernir bagi mereka yang akan mengadakan kegiatan seperti pesta dan lainnya. Untuk pemesanan bisa datang langsung ke Kantor Wali Nagari Sako Selatan Kecamatan Sungai Pagu atau hubungi nomor handphone 085263841227. AA

Loading...

Komentar

Berita Terbaru