Sawahlunto Tuan Rumah Mubes Perdana Perhimpunan Homestay Sumbar

PARIWISATA-841 hit

Penulis: Iyos | Editor: Marjeni Rokcalva

SAWAHLUNTO - Meski ditengah penularan pandemi COVID-19, semangat menggapai pertumbuhan ekonomi disektor jasa penginapan terus menggebu-gebu dilakukan Asosiasi Homestay Sawahlunto yang menginspirasi lahirnya Perhimpunan Homestay Sumatera Barat (PHSB), yang menurut rencana akan melakukan musyawarah besar (Mubes) Pembentukan Kepengurusan pada Rabu, 3 Maret 2021 nanti.

"Insya Allah musyawarah pembentukan kepengurusan Perhimpunan Homestay Sumatera Barat ini akan kami selenggarakan dalam waktu dekat, rencananya 3 Maret 2021 ini." Ungkap Hj.Kamsri Benti melalui komunikasi daring kepada beritaminang.com kemarin petang.

Kamsri Benti, biasa dipanggil Niben, mengutarakan, agenda yang sudah dirancang ini merupakan momen penting karena Mubes yang diselenggarakan untuk pertama kalinya ini merupakan mubes perdana terbentuknya Perhimpunan Homestay Sumatera Barat ditengah tantangan pandemi COVID-19. Hal ini menjadi wujud impian dari pelaku ekonomi kreatif yang di inisiasi Asosiasi Homestay Sawahlunto dan dukungan banyak pihak di Sumatera Barat, bahkan Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif turuntangan memberikan apresiasi bidang usaha jasa penginapan bukan hotel tapi tempat tinggal dengan konsep pelayanan bagaikan dirumah sendiri yang aman, nyaman, bersih, bagai sekelas hotel.

Baca Juga


Dikemukakan tokoh inspiratif perempuan ini, Mubes yang akan berlangsung nanti akan mengikuti protokol kesehatan yang cukup ketat. Semua perencanaan dan persiapan terselenggaranya mubes PHSB tersebut mulai digerakkan dengan melibatkan berbagai unsur pemangku kepentingan, baik di internal asosiasi sendiri maupun pihak eksternal lainnya seperti Dinas Pariwisata Sumbar dan Dinas Pariwisata Kota Sawahlunto.

Sebagai antisipasi kegiatan, pihak penggagas telah melakukan audiensi progresif dan penunjukan stering comite (SC) ada tanggal 9 dan 10 Februari 2021 lalu dengan Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat. Hasil rumusan dari pertemuan itu menyatakan, Mubes perdana PHSB akan diselenggarakan selama dua hari dari tanggal 2-3 Maret.

Informasi yang diperoleh, SC terpilih telah merancang dan melakukan berbagai persiapan teknis tentang pelaksanan mubes seperti draf ad art, siapa perwakilan yang akan diundang dan lainnya. Disebabkan saat ini dalam kondisi pandemi COVID-19 maka peserta akan diwakili 5 orang per kabupaten dan kota. Saat ini Peserta yang sudah terdaftar sementara baru 16 kabupaten/kota dengan jumlah total personil sebanyak 207 orang.

Untuk mendukung SC pembentukan kepengurusan itu, Asosiasi Homestay Sawahlunto juga sudah membentuk kepanitiaan lokal bekerjasama dengan Pemko Sawahlunto melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga yang sangat menyokong rencana tersebut. Direncanakan Mubes nanti akan dibuka Gubernur Sumbar dan kemungkinan turut dihadiri Kadispar se-Sumbar, Wako Sawahlunto dan Kepala Daerah lainnya, serta berbagai lembaga lainnya seperti GIpi, PHRI dan lainnya.

"Dihari pertama 2 Maret akan dibuka stand promosi UKM Kabupaten dan kota se- Sumbar, dimalam harinya akan diadakan jamuan makan malam dikediaman dinas Wako Deris Asta, dan keesokan harinya baru pelaksanaan mubes yang dilanjutkan dengan city tour." Ungkap Kamsri Benti mengakhiri. ( Iyos)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru