Tingkatkan Kualitas Pembelajaran, Guru SMP Pembangunan Lab. UNP ikuti PKM Video Lecture

PENDIDIKAN-180 hit

Penulis: ET | Editor: Redaktur

PADANG-SMP Pembangunan Laboratorium UNP merupakan salah satu sekolah yang berada di bawah Yayasan Pendidikan Pembangunan Laboratorium UNP, yang merupakan Yayasan Pendidikan dari

Universitas Negeri Padang (UNP). Sebagai sekolah lab, peningkatan kualitas pembelajaran dilaksanakan sebagai usaha berkelanjutan, salah satunya adalah dengan peningkatan kompetensi guru dalam mengembangkan media pembelajaran.

Melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M), Tim Dosen UNP mengabdikan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui Program Kemitraam Masyarakat (PKM) sebagai wujud implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi. Salah satunya adalah kegiatan PKM yang dilaksanakan oleh Tim Dosen UNP di SMP Pembangunan Laboratorium UNP dalam bentuk Pelatihan Pengembangan Pembelajaran Video Lecture dalam menghadapi era New Normal pasca pandemic COVID-19, sebagai salah satu kegiatan yang didanai pada Tahun 2022 ini. Bertindak sebagai tim pelaksana adalah Drs. Hanesman, M.M sebagai Ketua, Dr. Muhammad Adri, MT dan Dr. Tressyalina, M.Pd sebagai anggota Pelaksanan. Dan bertindak sebagai instruktur adalah Dr. Drs. Efrizon, M.T Drs. Legiman Slamet, M.T dan Titi Sriwahyuni, S.Pd., M.Eng yang dibantu oleh mahasiswa asisten praktik Ahmad Al-Hafidz Ramadhan, Rexa Yara Kharisma, Risky Kardianto, Nabilla Yasmin dan Heynindi Desisafitra, mahasiswa Program Studi Teknik Informatika, Manajemen dan Pendidikan Teknik Informatika.

Baca Juga


Kegiatan PKM ini dilaksanakan mulai 20 Agustus 2022 bertempat di Laboratorium Komputer SMP Pembangunan Lab UNP, yang terdiri dari 2 sesi, yaitu Sesi Materi dan Sesi Workshop. Sesi Materi diberikan sebagai bekal awal konsep dan desain video lecture bagi tenaga guru yang menjadi mitra dalam PKM ini, sehingga memperkuat pemahaman guru dalam merencanakan, desain dan mengembangkan video pembelajaran. Sedangkan sesi Workshop adalah aktifitas kegiatan praktik langsung pengembangan media pembelajaran video, dan peserta dibagi menjadi kelompok kecil praktik.

Peserta kegiatan PKM ini terdiri dari 30 orang tenaga Guru dan admin sekolah yang terdiri dari 25 orang peserta dari SMP Pembangunan Lab. UNP dan 5 peserta dari SMP PGRI 1 Padang, sebagai mitra pendukung dalam rangka untuk pencapaian penetrasi program di luar sekolah mitra. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat, LP2M UNP, Dr. Mawardi, M.Si yang dalam sambutannya memberi apresiasi atas program PKM yang dilaksanakan sebagai bentuk bantuan dan peran perguruan tinggi dalam mendukung peningkatan kompetensi guru dalam memanfaatkan TIK sebagai perangkat pendukung pembelajaran, khususnya pengembangan video pembelajaran. Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Pelaksana Drs. Hanesman, M.M, bahwa kegiatan PKM ini bertujuan untuk membantu tenaga guru dalam mempersiapkan diri dalam menyelenggarakan proses pembelajaran di era new normal, pasca pandemic COVID-19 ini, khususnya melalui peningkatan kompetensi bidang pengembangan pembelajaran berbasi TIK, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai pendukung keberhasilan proses pembelajaran siswa nantinya di sekolah mitra, SMP Pembangunan Lab. UNP dan SMP PGRI 1 Padang.

Kurikulum pelatihan pengembangan pembelajaran Video Lecture ini dirancang oleh tim pelaksana dan instruktur, yang terdiri dari 1. Konsep Dasar Digital Learning, 2. Teknologi Informasi dalam Pendidikan, 3. Pengalaman Digital Learning pada Masa Pandemic COVID-19, 4. Video Lecture dan Pembelajaran, 5. Prinsip Dasar Video Lecture/ Lesson 6. Desain Video Lecture, 7. Ragam Jenis Video dalam Pembelajaran, 8. Video Pembelajaran berbasis Rekam Layar, 9. Perekaman Video Pembelajaran/ Video Lecture Recording, 10. Editing Video Pembelajaran, 11. Uploading Video Pembelajaran, 12. Tugas Mandiri Pengembagan Video Pembelajaran, dengan total 48 jam pembelajaran.

Dalam sambutannya, Kepala SMP Pembanguan Lab. UNP, Marlini T, M.Pd menyampaikan terima kasih kepada UNP, melalui Tim Pelaksana PKM yang telah menjadikan SMP ini sebagai mitra dan lokasi kegiatan, serta memiliki harapan yang besar kepada seluruh peserta, agar semua pengetahuan dan keterampilan yang didapatkan selama PKM tidak hanya sebatas melengkapi tugas selama pelatihan, namun benar-benar diimplementasikan di dalam proses pembelajaran di dalam mata pelajaran masing-masing nantinya.

Sesi Materi dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan, yaitu tanggal 20 dan 27 Agustus 2022, yang membahas seluruh aspek teori yang melandasi pengembangan video pembelajaran, kemudian sesi workshop mulai dilaksanakan pada pertemuan ketiga mulai 3 September hingga 8 Oktober 2022. Pada sesi workshop ini, 30 peserta dibagi menjadi 5 group praktik, yang masing-masing group didampingi oleh mahasiswa asisten praktik, dengan tujuan agar kegiatan menjadi lebih efektif dan efisien, dan penguasaan materi oleh peserta menjadi lebih baik. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan tugas mandiri pengembangan video pembelajaran oleh masing-masing mitra guru sesuai dengan mata pelajaran yang dibina. Dan kemudian kegiatan ini berakhir pada tanggal 19 Nopember 2022, yang disertai dengan penyerahan sertifikat pelatihan kepada seluruh Guru peserta pelatihan, dan Sertifikat khusus untuk SMP Pembangunan Lab. UNP dan SMP PGRI 1 Padang sebagai Mitra kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini.

Berdasarkan hasil survey awal yang dilakukan terhadap peserta dalam mengimplementasikan Pembelajaran berbasis Video ini, didapatkan bahwa umumnya peserta menggunakan media buku cetak sebagai bahan ajar utama, dikarenakan oleh adanya keterbatasan dalam penggunaan teknologi, sehingga semua peserta menyatakan keinginan untuk mengembangkan kompetensi TIK ini, dan setelah mengikuti kegiatan training, baik pada sesi teori maupun workshop terkait kepuasana peserta dalam kegiatan PKM ini, seluruh peserta, dan pimpinan sekolah menyatakan sangat puas dan terbantu dalam mempersiapkan proses pembelajaran yang lebih berkualitas dan tidak lupa sekalian menyampaikan harapan agar kegiatan ini berlanjut pada masa yang akan datang, khususnya yang terkait dengan impelementasi teknologi dalam pembelajaran. (ET)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru