Dosen Departemen Bahasa dan Sastra Inggris Adakan Pengabdian Membangun Budaya Literasi

PENDIDIKAN-124 hit

Penulis: ET | Editor: Redaktur

PADANG-Budaya literasi dan minat baca di Indonesia masih sangat rendah. Hasil survey UNESCO menunjukan bahwa minat baca masyarakat Indonesia baru 0,001 persen. Artinya, dalam seribu masyarakat hanya ada satu masyarakat yang memiliki minat baca. Selain itu, Berdasarkan studi "Most Littered Nation In the World" yang dilakukan oleh Central Connecticut State Univesity pada Maret 2016 disebutkan bahwa Indonesia menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara dalam hal minat membaca. Indonesia berada di bawah Thailand (59) dan di atas Bostwana Afrika (61). Hal ini menarik untuk dicermati karena dari segi penilaian sarana prasarana untuk mendukung membaca, peringkat Indonesia berada di atas negara-negara Eropa.

Demikian disampaikan ketua tim Pengabdian Kepada Masyarakat Dr. Muhammad Al Hafizh, SS, MA dalam sambutannya dalam acara pelatihan Penulisan dan Pengembangan Budaya Literasi Berbasis Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Bagi Guru-Guru Yayasan Pendidikan Islam Buah Hati Kota Padang, Rabu 21November 2022 bertempat di lokasi 1 Sekolah Islam Buah Hati di Pulai, kecamatan Koto Tangah, Padang.
Hadir juga sebagai nara sumber dalam kegiatan tersebut anggota tim pengabdi: Desvalini Anwar, SS, M.Hum, Ph.d dan Hade Afriansyah, M.Pd.

Lebih lanjut Dr. Muhammad Al Hafizh, SS, MA menyatakan bahwa Program Pendampingan Pelaksanaan Program Budaya Literasi ini telah dilaksanakan sejak bulan Mei hingga November 2022. TIM PKM dan mitra berkomitmen untuk melaksanakan program ini secara lebih serius dan kontinyu. Anggota TIM PKM UNP akan berusaha memberikan masukan terhadap usaha melaksanakan program budaya literasi, sesuai dengan karakteristik sekolah YPI Kota Padang.

Baca Juga


Di samping itu partisipasi sekolah mitra sangat menentukan dalam keberhasilan program ini ujarnya. Desvalini Anwar, SS, M.Hum, Ph.D sebagai anggiat tim pengabdia menambahkan bahwa ada beberapa poin penting terkait partisipasi mitra yang akan dilaukan untuk menyukseskan program pembangunan budaya literasi ini. Usaha yang dilakukan oleh pihak sekolah adalaha akan menata perpustakaan asekolahnya dan berusaha menciptakan lingkungan kaya teks. Untuk tahap awal YPI Buah Hati akan memanfaatkan sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah. Misalnya dengan menempel slogan-slogan atau poster-poster yang berisi pesan edukatif.

Sementara itu, Hade Afriansyah, M.Pd sebagai anggota pengabdi yang dituhaskan untuk merancang kerjasama ke depan memaparkan bahwa dalam jangka panjang, tujuan proyek perubahan ini adalah terlaksananya budaya literasi melalui kerjasama antara UNP Padang dengan Dinas Pendidikan Kota Padang. sehingga dapat membantu para siswa dan guru untuk mendapatkan kemudahan akses informasi, koleksi pustaka online, keterampilan, serta fasilitas publikasi ilmiah.

"Iptek yang akan dicapai dalam kegiatan PKM bersama mitra ini secara umum adalah terciptanya Budaya Literasi di kalangan siswa dan guru YPI Buah Hati Kota Padang sebagai hasil dari kolaborasi antara tim PKM UNP Padang dan sekolah mitra" ujar Dr. Muhammad Al Hafizh, SS, MA. (ET)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru