Fakultas Bahasa dan Seni UNP Lakukan Pelatihan Penyusunan Skema Kompetensi

PENDIDIKAN-564 hit

Padang-Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang menyelenggarakan Pelatihan Penyusunan Skema Sertifikasi Kompetensi yang diikuti oleh Koordinator Program Studi dan dosen yang akan menyusun skema kompetensi bekerja sama dengan Pusat Pengembangan Sertifikasi Kompetensi dan Profesi Universitas Negeri Padang pada Rabu (22/9) bertempat di Auditorium lantai 4 Kampus FBS UNP Air Tawar Padang.

Dekan FBS Universitas Negeri Padang, Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum. dalam sambutannya mengajak Koordinator Program Studi dan dosen untuk mendapatkan sertifikat kompetensi yang sesuai dengan keahlian dan berkaitan dengan itu Program Studi menyiapkan skema kompetensi bersama LSP Universitas Negeri Padang.

Lebih lanjut Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum. menyampaikan bahwa pada masa kini dalam dunia kerja, pengalaman dan kemampuan harus ditunjukkan dengan sertifikat kompetensi yang diselenggarakan oleh LSP yang diakui oleh BNSP.

Baca Juga


Pada kesempatan itu, Prof. Dr. Jamaris Jamna, M.Pd., Ketua LP3M Universitas Negeri Padang menyampaikan bahwa di berbagai perguruan tinggi dan di tingkat nasional kompetensi sesungguhnya bukanlah hal baru, tetapi bagi kita memang terasa baru.

"Jika kita mengharapkan mahasiswa memiliki sertifikasi kompetensi, tentulah para dosen yang menyelenggarakan skema kompetensi tersebut haruslah lebih dahulu memiliki sertifikat kompetensi tersebut," kata Prof. Dr. Jamaris Jamna, M.Pd.

Lebih lanjut kata Prof. Dr. Jamaris Jamna, M.Pd., pengalaman dan bukti sertifikat kompetensi tersebut sangat diperlukan bagi mahasiswa setiap program studi. Untuk itu, setiap Program Studi perlu mempersiapkan skema kompetensi yang diakui oleh lembaga formal yakni BNSP.

Dr. Mulya Gusman, S.T., .M.T., Kepala Pusat Pengembangan Sertifikasi Kompetensi dan Profesi, Universitas Negeri Padang sebagai salah seorang narasumber memberikan apresiasi kepada Pimpinan Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang yang antusias untuk menyusun skema sertifikasi pada LSP UNP.

"Sertifikasi kompetensi sangat penting dan perlu baik bagi lembaga Universitas Negeri Padang maupun bagi dosen yang bisa dipergunakan sebagai keahlian di luar universitas," tambah Dr. Mulya Gusman, S.T., .M.T.

Dalam kegiatan pelatihan penyusunan skema kompetensi tersebut juga hadir sebagai narasumber Ari Pasaribu, S.St. M.Si., Par. yang juga dosen Fakultas Pariwisata dan Perhotelan Universitas Negeri Padang.

Ari Pasaribu, S.St. M.Si., Par. sebagai narasumber menjelaskan bahwa skema kompetensi yang akan disusun ada tiga jenis yang sesuai seperti skema kompetensi KKNI, skema kompetensi okupasi, dan skema kompetensi kluster. (ET)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru