Capaian Vaksin Sudah 48,78 Persen, Padang Panjang Targetkan PPKM Level 2

KESEHATAN-308 hit

PADANG PANJANG - Hingga Rabu (9/9), jumlah warga yang telah mengikuti vaksinasi dosis pertama sebanyak 21.495 orang. Sementara masyarakat yang mengikuti dosis kedua sejumlah 14.523 orang.

Demikian disampaikan Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes, Rahmaisa, SKM, Kamis (9/9).

Saat ini, tambah Rahmaisa, Dinkes sedang berupaya agar Padang Panjang turun ke PPKM Level 2. Selain meningkatkan tiga item yang meliputi positive rate yang masih tinggi, testing kontak erat yang masih rendah dan tracking ratio kontak erat yang juga masih rendah, Padang Panjang juga harus meningkatkan capaian vaksinasi Covid-19.

Dari capaian vaksinasi ini, katanya, persentase yang paling banyak belum divaksin yaitu kalangan remaja. Baru sekitar 20 persen remaja yang sudah divaksinasi.

"Untuk itu, Dinkes saat ini sedang melakukan sosialisasi vaksinasi khusus remaja. Semoga dengan sosialisasi ini capaian vaksinasi kita meningkat dan Padang Panjang turun ke PPKM Level 2," katanya.

Secara asesmen, yang dilakukan Kemenkes berdasarkan data yang dikirim pihaknya, tambah Rahmaisa, Padang Panjang sebenarnya masih berada di Level 4 karena ada tiga item penilaian di atas yang masih berada di Level 4.

"Namun ada penilaian tambahan dari Kemendagri yang menyebabkan Padang Panjang berada di PPKM Level 3, salah satunya adalah laju vaksinasi yang cukup signifikan yaitu sudah mencapai angka 48,78 persen," ungkapnya. (cigus/lex)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru