Tim PKM Kimia UNP Edukasi Warga Katapiang Manfaatkan Ubi Kayu jadi Makanan Prebiotik Penguat Imun

PENDIDIKAN-456 hit

PADANG PARIAMAN - Tim PKM Jurusan Kimia FMIPA UNP yang diketuai Melindra Mulia, M.Si, Memberikan edukasi pada masyarakat khususnya ibu-ibu majelis taklim Korong Olo Bangau Nagari Ketapiang, Kecamatan Batang Anai Kab. Padang Pariaman membuat makanan prebiotik dari ubi kayu. Dalam kegiatan ini juga diajarkan bagaimana teknik pengolahannya sehingga manfaatnya menjadi optimal bagi pencernaan.

"Pencernaan yang sehat ini sangat penting diwujudkan sebagai salah satu upaya untuk memelihara kekebalan tubuh terlebih dizaman pandemi seperti sekarang. Kekebalan tubuh yang baik tentunya dapat mengurangi penularan virus dan penyakit lainnya," kata Melindra.

Disambung Melindra, kegiatan ini dilakukan dengan memberikan penyuluhan pada masyarakat mengenai pentingnya prebiotik dari ubi kayu dan dilanjutkan dengan praktek pengolahan ubi kayu menjadi kuliner sehat, kekinian dan bernilai ekonomis.

Baca Juga


"Diharapkan setelah mengikuti kegiatan ini, masyarakat dapat mengolah ubi kayu yang merupakan produk lokal didaerah tersebut menjadi makanan sehat dan ekonomis untuk konsumsi keluarga bahkan lebih lanjutnya dapat dijadikan sebagai peluang usaha untuk meningkatkan ekonomi keluarga," tambahnya.

Mengingat kondisi pandemi saat ini, peserta dibatasi berjumlah 15 orang dengan mempertimbangkan protokol kesehatan. Peserta kegiatan difasilitasi dengan pemberian masker, hand sanitizaer dan faceshield. Selama pelaksanaan kegitan peserta dan tim tetap melaksanakan protokol pencegahan penularan covid 19 secara ketat dengan tetap memperhatikan physical distancing selama kegiatan.

Kegiatan sendiri berlangsung di Mesjid Istiqomah Korong Olo Bangau, Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman. Kegiatan telah dilakukan dilakukan sebanyak 1 kali kegiatan terstruktur dan 3 kali kegiatan mandiri. Untuk kegiatan terstruktur dilakukan Minggu, 22Agustus 2021 yang intinya penyampaian materi yang dilakukan Dr. Desy Kurniawaty, S.Pd, M.Si dan Fauzana Gazali, M.Pd, tanya jawab dan praktek pengolahan makanan sehat dari ubi kayu.

Sedangkan untuk kegiatan mandiri sebanyak 3 x kegiatan dengan waktu dan tempat pelaksanaan disesuaikan dengan peserta. Kegiatan mandiri berupa: praktek pengolahan ubi kayu sebagai sumber prebiotik menjadi produk makanan sehat untuk memelihara sistem pencernaan keluarga. Semua biaya yang dikeluarkan untuk kegiatan mandiri ini didanai dengan dana dari Lembaga penelitian dan pengabdian Masyarakat (LP2M UNP).

"Kegiatan mandiri berlangsung dari tanggal 29 dan 30 Agustus dan 5 September. Mereka diajarkan membuat makanan olahan ubi kayu yaitu Singkong Thailand, Putri Mandi dan Puding Ubi Kayu," ujarnya.

Adapun Tim PKM yang melaksanakan kegiatan ini terdiri dari dosen, staf PLP dan dibantu mahasiswa. Tim terdiri dari, Melindra Mulia, M.Si (Ketua Tim), Umar Kalmar Nizar, M. Si, Ph.D, Dr. Desy Kurniawati,S.Pd, M.Si, Fauzana Gazali, M.Pd, Silvi Veronita, S. Si, Fitri Yuranda, ST, Yogi Fernanda Syaputra, Vinezia Sri Wahyuni, Fani Oktadefi, Varel Anshar Al Khairi. (Je)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru