Pusbangbel LP3M UNP dan Prodi Pendidikan Ekonomi Rancang Perangkat Pembelajaran

PENDIDIKAN-532 hit

Penulis: Je | Editor: Medio Agusta

PADANG- Pusat Pengembangan Pembelajaran (Pusbangbel)Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Negeri Padang (UNP) bersama Program Studi (Prodi) Pendidikan Ekonomi merancang perangkat pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan Indikator Kinerja Utama (IKU) 7 yaitu Pembelajaran Kolaboratif dan Partisipatif yang dicirikan dengan metode Case Method dan Team Based Project. Kegiatan ini digagas oleh Prodi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi (FE) UNP dilaksanakan pada tanggal 9 Agustus 2021 secara daring.

Sebagai salah satu Prodi pemenang hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) Tahun 2021 dariKementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbud Ristek) Republik Indonesia (RI), Prodi Pendidikan Ekonomi telah merancang berbagai kegiatan untuk meningkatkan kompetensi dosen, dan mahasiswa. Serta peningkatan kualitas pembelajaran, dan kerja sama dengan mitra baik di dalam maupun luar negeri.

Kepala Pusbangbel LP3M UNP, Dr. Nofrion, M.Pd., yang diundang sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut menyampaikan, materi tentang penerapan metode Case Method dan Team Based Project dalam RPS, dan Rancangan Tugas Mahasiswa. Paparan materi juga dilengkapi dengan praktik pembelajaran daring untuk menilai partisipasi mahasiswa dalam menganalisis kasus yang disajikan.

Dekan FE UNP, Dr. Idris, M.Si., dalam sambutanya menjelaskan bahwa kegiatan ini sangat berdampak terhadap capaian IKU perguruan tinggi khususnya IKU 7. Dekan berharap kepada peserta agar mengikuti kegiatan dengan serius.

Selain itu. Dekan FE juga mengatakan bahwa tantangan pembelajaran ke depan akan lebih kompleks. Untuk itu, dosen dituntut kreatif dan dapat bertransformasi dengan cepat sesuai perkembangan yang ada. Dosen diharapkan mampu merancang pembelajaran daring yang efektif dan efisien.

Guru Besar Pendidikan Ekonomi UNP yang juga Mantan Rektor UNP dua periode, Prof. Dr. Z. Mawardi Effendi, M.Pd., yang turut hadir sebagai peserta menyampaikan bahwa tugas utama seorang pendidik adalah membuat perencanaan pembelajaran, dan menetapkan tujuan pembelajaran.

"Tidak ada pembelajaran tanpa perencanaan," tegasnya yang juga pernah menjadi Ketua Senat UNP ini.

Metode Case Method dan Team Based Project adalah metode pembelajaran yang berpusat kepada mahasiswa yang dicirikan dengan adanya kasus atau masalah yang dianalisis secara mendalam. Penerapan Case Method bisa dikombinasikan denga Flipped Classroom untuk menyediakan materi sebagai "pre-requisite" sebelum menganalisis kasus.

Metode ini memberi ruang kepada mahasiswa untuk mengambil peran dan inisiatif yang lebih luas dan dosen lebih banyak berperan sebagai fasilitator dan observer pembelajaran selama case study berlangsung baik dalam kelompok maupun klasikal. (Je)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru