Subuh Mubarak UNP Pagi Ini; Kedudukan Adab Ilmu dan Akhlak dalam Islam

PENDIDIKAN-446 hit

Padang-Rektor Universitas Negeri Padang Prof. Ganefri, Ph.D. memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih atas kesediaan Ustaz Dr. Munir Abdul Mungin, M.Ag. yang juga Dekan Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Raden Fatah Palembang sebagai penceramah pada kegiatan Subuh Mubarak pada pagi Jumat dan mengucapkan terima kasih kepada Fakultas Ilmu Keolahragaan sebagai penyelenggara Subuh Mubarak pagi ini.

Rektor Prof. Ganefri, Ph.D. menyampaikan hal itu dalam sambutannya pada kegiatan Subuh Mubarak Universitas Negeri Padang yang diselenggarakan Fakultas Ilmu Keolahragaan pada Jumat (2/7) pagi ini secara virtual yang diikuti oleh pimpinan dan sivitas akademika Universitas Negeri Padang.

Rektor Prof. Ganefri, Ph.D. dalam sambutannya menjelaskan bahwa pesan-pesan yang disampaikan oleh Ustaz dapat meningkatkan keimanan kita dan kehadiran kita di dalam majelis ilmu ini menjadi amal ibadah dalam kehidupan kita.

Baca Juga


"Menghadapi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini, mari kita sivitas akademika selalu beraktivitas dengan mematuhi protokol kesehatan secara ketat," harap Rektor Prof. Ganefri, Ph.D.

Dalam ceramahnya, Ustaz Dr. Munir Abdul Mungin, M.Ag. yang juga Dekan Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Raden Fatah Palembang menjelaskan kedudukan hubungan adab, akhlak, dan ilmu di dalam Islam serta menjelaskan hakikat ilmu itu sebagai anugerah dari Allah.

"Jika dipahami di dalam sejarah Islam, Nabi Muhammad dipersiapkan oleh Allah untuk menjadi Rasulullah melalui kegiatan ritual menyepi di gua harap sehingga memperoleh perspektif baru dalam hidupnya," jelas Ustaz Dr. Munir Abdul Mungin, M.Ag.

Lebih lanjut Ustaz Dr. Munir Abdul Mungin, M.Ag. menjelaskan bahwa ayat yang pertama kali turun kepada Nabi Muhammad adalah ilmu yang bersifat faktual. Menurutnya, pada awalnya adalah ilmu yang bersifat faktual untuk terus ke tahap selanjutnya.

Ustaz Dr. Munir Abdul Mungin, M.Ag. menjelaskan bahwa adab adalah suatu dasar yang dipersiapkan atau berproses untuk tingkat selanjutnya atau untuk memperoleh ilmu. Ustaz Dr. Munir Abdul Mungin, M.Ag. menambahkan bahwa pemerolehan ilmu itu harus memiliki adab dan ilmu itu adalah salah satu sifat Allah.

"Karena Muhammad akan memperoleh ilmu sebagai salah satu sifat Allah itu adalah suatu alam yang kenyataan sehingga perlu adab-adab tertentu yang ekstra," jelas Ustaz Dr. Munir Abdul Mungin, M.Ag.

Untuk itu, kata Ustaz Dr. Munir Abdul Mungin, M.Ag. diperlukan kesadaran baru untuk memahami sifat dan kedudukan ilmu itu dan akan muncul adab sebagai titik awal dan akhirnya adanya akhlak.

"Jadi manusia sebagai insan kami yang sempurna akan terbentuk dengan tiga aspek adab, akhlak, dan ilmu. Oleh karena itu, mari kita mencari berbagai argumen untuk mewujudkan keberhasilan dan menghindari pencarian alasan untuk mendukung kegagalan," tambah Ustaz Dr. Munir Abdul Mungin, M.Ag. (ET)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru