Rektor Prof. Ganefri, Ph.D.: Merdeka Belajar dalam Filosofi Alam Takambang Jadi Guru

PENDIDIKAN-823 hit

Padang-Universitas Negeri Padang selenggarakan Wisuda periode ke-123 Juni secara luring dan daring dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat. Pada periode ini, UNP mewujudkan sebanyak 1381 lulusan yang diselenggarakan selama tiga hari pada Sabtu hingga Senin (26-28/6) dengan semua peserta yang hadir di auditorium sudah melalui proses rapit tes antigen di poliklinik dan dinyatakan bebas Covid-19 dalam waktu 2 X 24 jam.
Demikian disampaikan Rektor Universitas Negeri Padang Prof. Ganefri, Ph.D. dalam pidatonya pada upacara wisuda pada Sabtu (26/6) di Auditorium Kampus UNP Air Tawar Padang.

Dalam pidatonya yang berjudul "Merdeka Belajar dalam Filosofi Alam Takambang Jadi Guru", Prof. Ganefri, Ph.D. menjelaskan bahwa untuk menindaklanjuti arahan Presiden dan Wakil Presiden untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, Kemendikbud mencanangkan reformasi sistem pendidikan Indonesia melalui kebijakan Merdeka Belajar.
"Kemendikbud telah meluncurkan 10 episode Merdeka Belajar yakni terobosan empat pokok kebijakan, gerakan Kampus Merdeka, penyesuaian kebijakan dana bos, program organisasi Penggerak, guru penggerak, transformasi dana pemerintah untuk pendidikan tinggi, program sekolah penggerak, SMK menjadi pusat keunggulan, implementasi KIP Kuliah Merdeka, perluasan program beasiswa LPDP," jelas Prof. Ganefri, Ph.D.

Lebih lanjut Rektor Prof. Ganefri, Ph.D. gerakan merdeka belajar telah bersentuhan dengan filosofis orang Minangkabau yakni Alam Takambang Jadi Guru dan merupakan moto Universitas Negeri Padang dan merupakan cara hidup dan cara berpikir orang Minangkabau.

Baca Juga


"Falsafah Alam Takambang Jadi Guru mengandung spirit pendidikan agar kita belajar pada alam dan berbagai fenomena yang senantiasa menggambarkan sebuah kearifan," tambah Rektor Prof. Ganefri, Ph.D.

Pada kesempatan itu, Rektor Prof. Ganefri, Ph.D. mengemukakan bahwa sesungguhnya upacara wisuda periode ini dilaksanakan di tengah wabah pandemi Covid-19 dan selalu mengajak peserta yang hadir secara luring harus mematuhi protokol kesehatan secara ketat dan tetap menggunakan masker dan menjaga jarak. (ET)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru