Dirjen GTK Resmikan PSDKU dan Pembangunan Kampus Universitas Negeri Padang di Sawahlunto

PENDIDIKAN-1243 hit

Penulis: ET | Editor: Medio Agusta

Padang-Direktur Jenderal (Dirjen) Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), Kemendikbud Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Dr. Iwan Syahril, Ph.D. meresmikan Program Studi di Luar Kampus Utama dan sekaligus meresmikan pembangunan Kampus Universitas Negeri Padang di Kota Sawahlunto pada Kamis (17/6). Kegiatan peresmian itu juga dihadiri oleh Rektor Prof. Ganefri, Ph.D. dan pimpinan UNP, Gubernur Sumatera Barat yang diwakili oleh Kepala Dinas Pendidikan, serta Walikota Deri Asta, Ketua DPRD Kota Sawahlunto, dan pimpinan Pemerintahan Kota Sawahlunto, serta masyarakat.

"Kami memberikan apresiasi atas kolaborasi dan koordinasi antara Walikota Sawahlunto dan Rektor Universitas Negeri sehingga terwujud Kampus UNP di Sawahlunto ini sehingga jelas berdampak untuk peningkatan kualitas pendidikan anak-anak," jelas Dr. Iwan Syahril, Ph.D.

Menurut Dr. Iwan Syahril, Ph.D., sambutan dan kesediaan masyarakat Nagari Kolok dan Pemerintah Kota Sawahlunto merupakan sinergi yang kuat untuk pengembangan Kampus Universitas Negeri Padang di Kota Sawahlunto ini.

Baca Juga


Lebih lanjut Dr. Iwan Syahril, Ph.D., mengemukakan bahwa sejarah berdirinya Universitas Negeri Padang yang dimulai dari PTPG di Bukit Gombak, Batusangkar sudah bervisi untuk menghasilkan tenaga pendidik berkualitas internasional.

Rektor Universitas Negeri Padang, Prof. Ganefri, Ph.D. mengemukakan bahwa pelaksanaan Program Studi di Luar Kampus Utama dan Pembangunan Kampus Universitas Negeri Padang di Kota Sawahlunto akan bermanfaat bagi anak-anak Kota Sawahlunto dan anak-anak Kabupaten Kota di sekitarnya.

"PSDKU di Kota Sawahlunto ini bukanlah kelas jauh, tetapi adalah prodi khusus di luar kampus utama yang harus didukung dengan fasilitas kampus dan laboratorium. Pengembangan program studi ini seiring dengan Pengembangan Universitas Negeri Padang menjadi PTN Berbadan Hukum," jelas Prof. Ganefri, Ph.D.

Lebih lanjut, Rektor Prof. Ganefri, Ph.D. menjelaskan bahwa PSDKU akan didukung tenaga kependidikan dan dosen yang baik serta diharapkan dosen-dosennya berada di Sawahlunto sehingga Program PSDKU dapat berkembang dan berkualitas sehingga sesuai dengan kualitas di Kampus Utama Universitas Negeri Padang.

Rektor Prof. Ganefri, Ph.D. kepada masyarakat dan tokoh masyarakat Nagari Kolok mengemukakan bahwa Universitas Negeri Padang juga memberikan bantuan beasiswa dari berbagai sumber untuk anak-anak yang berprestasi akademik tetapi tidak beruntung secara ekonomi.

Pada kesempatan itu, Walikota Sawahlunto Deri Asta dalam sambutannya mengemukakan bahwa kegiatan peresmian pembangunan Kampus Universitas Negeri Padang di Sawahlunto adalah moment yang berbahagia bagi pemerintah kota dan masyarakat yang juga merupakan cita-cita pimpinan sebelumnya.

"Pemerintah Kota Sawahlunto mengucapkan terima kasih dan apresiasi pada masyarakat Nagari Kolok yang menyediakan lahan dan menyerahkan kepada Pemerintah Kota dan kemudian diserahkan kepada Universitas Negeri Padang," kata Walikota Deri Asta.

Untuk selanjutnya, Pemerintah Kota Sawahlunto akan segera memfasilitasi pembangunan Kampus Universitas Negeri Padang di Nagari Kolok yang memang sudah direncanakan sebagai wilayah pusat pemerintahan, pusat pendidikan, dan wisata.

Dalam sambutannya, Ketua DPRD Kota Sawahlunto, menyampaikan bahwa Pimpinan dan Anggota DPRD Sawahlunto mengapresiasi pembukaan Program Studi di Luar Kampus Utama Universitas Negeri Padang dan pembangunan Kampus UNP di Kota Sawahlunto sehingga pada tahap selanjutnya bisa memberikan perhatian untuk anak-anak Sawahlunto yang kurang ekonominya untuk melanjutkan kuliah di Universitas Negeri Padang.

"Atas nama perwakilan masyarakat Kota Sawahlunto, kami harapkan Dinas Pendidikan dan Pemerintah Kota Sawahlunto untuk mendukung penyelenggaraan Kampus Universitas Negeri Padang di Sawahlunto," jelas Ketua DPRD Kota Sawahlunto.

Ketua Kerapatan Adat Nagari Kolok, dalam sambutannya mewakili masyarakat dan ninik mamak Nagari Kolok mengucapkan terima kasih kepada Walikota atas pemilihan Nagari Kolok sebagai lokasi Pembangunan Kampus Universitas Negeri Padang. (ET)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru