Sebanyak 8 Mahasiswa Universitas Negeri Padang Lulus Program IISMA Kemdikbud, 6 Orang dari FBS

PENDIDIKAN-1226 hit

Padang-KepalaUnit Pelaksana Teknis (UPT) Layanan Internasional Universitas Negeri Padang (UNP), Rusnardi Rahmat Putra, S.T., M.T., Ph.D. Eng. menyampaikan bahwa sebanyak 8 orang mahasiswa lulus atau diterima untuk mengikuti Program "Indonesian International Students Mobility Awards-2021 (IISMA)" yang diinisiasi dan diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemdikbud).

Demikian disampaikan oleh Rusnardi Rahmat Putra, S.T.,M.T., Ph.D. Eng. ketika dihubungi wartawan portal beritaminang.com pada Senin (14/6) di Kampus Universitas Negeri Padang, Air Tawar Padang.

"Dari 8 mahasiswa Universitas Negeri Padang yang diterima, sebanyak 6 orang adalah dari Fakultas Bahasa dan Seni. Kedelapan mahasiswa UNP yang berhasil lulus pada program IISMA 2021 adalah (1) Selvina Salsabila, mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni UNP di Palacky University Olomouc, Republik Ceko, (2) Quratul Akyuni, mahasiswa Program Studi Biologi FMIPA UNP, di Universiti Kebangsaan Malaysia, Malaysia, (3) Nurul Ramadhini, mahasiswa Program Studi Desain Komunikasi Visual, FBS UNP di Universiti Sains Malaysia, Malaysia, (4) Hafifah Humaida, mahasiswa Program Studi Ilmu Administrasi Negara di University of Pcs, Hungary, (5) Muhammad Alif Rizkiawan, mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, FBS UNP di University of Pcs, Hungary, (6) Muhammad Alhadi, mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di University of Pennsylvania, Amerika Serikat, (7) Ridhatul Fadhli, mahasiswa Program Studi Sastra Inggris di University of Pennsylvania, Amerika Serikat, (8) Azriela Aurel Novisa Sari, mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di University of Strachclyde, Skotlandia," jelas Rusnardi Rahmat Putra, S.T., M.T., Ph.D. Eng.

Baca Juga


Pada kesempatan itu, Rusnardi Rahmat Putra, S.T.,M.T., Ph.D. Eng. menyampaikan selamat kepada Pimpinan Fakultas Bahasa dan Seni atas koordinasi Pimpinan dengan mahasiswa untuk mengikuti seleksi program ini.

Menurutnya, program ini merupakan salah satu program unggulan dari delapan Program Kampus Merdeka yang bertujuan untuk memberikan hak dan kesempatan bagi mahasiswa untuk melakukan kegiatan pengembangan diri di luar kampusnya pada peguruan tinggi di luar negeri.

Rusnardi Rahmat Putra, S.T.,M.T., Ph.D. Eng. mengatakan tujuan ProgramIndonesian International Students Mobility Awards-2021, adalah untuk meningkatkan pengetahuan,soft skills,dan pemahaman lintas budaya mahasiswa; membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk dapat mengenal dan mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi terkini dan arah perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi masa depan; mengembangkan persahabatan dan jejaring mahasiswa peserta dengan mahasiswa, pengajar, maupun masyarakat secara umum di negara tempat mahasiswa melaksanakan program.

Menurutnya lagi, tujuan lain dari program ini adalah untukbmempersiapkan lulusan perguruan tinggi yang berkualitas, berpikiran terbuka, memiliki pengalaman dan pengetahuan global serta siap menghadapi tantangan revolusi industri 4.0 dan society 5.0; serta memperkuat hubungan yang baik antara pemerintah Indonesia dengan pemerintah negara-negara domisili perguruan tinggi mitra.

"Program ini bermanfaat bagi Universitas Negeri Padang yakni untuk mempromosikan dan mendorong perguruan tinggi dalam negeri untuk berpartisipasi dalam program ini, salah satunya UNP; membuka peluang untuk menginisiasi dan memperkuat kerjasama antara UNP dengan Universitas mitra di luar negeri; mempersiapkan komunitas alumni yang memiliki pengetahuan,soft skills, dan pemahaman lintas budaya, serta jejaring global dan berkontribusi secara sinergis untuk kepentingan bangsa," tambah Rusnardi Rahmat Putra, S.T.,M.T., Ph.D. Eng.

Ketika ditemui wartawan portal beritaminang.com , Dekan Fakultas Bahasa dan Seni, Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum. yang didampingi Wakil Dekan I Dr. Havid Ardi, M.Hum. dan Wakil Dekan III Indra Yuda, M.Pd., Ph.D. mengucapkan terima kasih atas partisipasi mahasiswa dan selamat telah diterima pada Program IISMA Kemdikbud tersebut.

"Pimpinan Fakultas Bahasa dan Seni mengucapkan terima kasih kepada Ketua Jurusan, Sekretaris Jurusan, Kaprodi, Rektor dan pimpinan UNP serta Kepala UPT Layanan Internasional Universitas Negeri Padang, Rusnardi Rahmat Putra, S.T.,M.T., Ph.D. Eng. yang telah memfasilitasi kegiatan ini," tambah Dekan Fakultas Bahasa dan Seni, Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum. (ET)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru