Subuh Mubaraqah UNP Pagi Ini; Akhlak Kaum Intelektual Menghadapi Pandemi Covid-19

PENDIDIKAN-524 hit

Padang-Rektor Universitas Negeri Padang yang diwakili oleh Wakil Rektor III Hendra Syarifuddin, M.Si., Ph.D. mengucapkan terima kasih atas kesediaan Ustaz Kamarul Zaman, Lc., M.A. dalam kegiatan Subuh Mubaraqah pada pagi Jumat dan mengucapkan terima kasih kepada Fakultas Ilmu Pendidikan sebagai penyelenggara Subuh Mubaraqah pagi ini.

Rektor Universitas Negeri Padang, yang diwakili Wakil Rektor III, Hendra Syarifuddin, M.Si., Ph.D. menyampaikan hal itu dalam sambutannya pada kegiatan Subuh Mubaraqah Universitas Negeri Padang yang diselenggarakan Fakultas Ilmu Pendidikan pada Jumat (4/6) pagi ini secara virtual yang diikuti oleh pimpinan dan sivitas akademika Universitas Negeri Padang.

Wakil Wakil Rektor III, Hendra Syarifuddin, M.Si., Ph.D. mengajak pimpinan dan sivitas akademika Universitas Negeri Padang mengemukakan ucapan terima kasih atas partisipasi dan kehadiran sivitas akademika atas penyelenggaraan Subuh Mubaraqah yang hampir 4 tahun dilaksanakan di Universitas Negeri Padang yakni sebelumnya dilaksanakan di Masjid Al-azhar dan beberapa tahun terakhir diselenggarakan secara virtual.

Baca Juga


Dalam ceramahnya, Ustaz Kamarul Zaman, Lc., M.A. yang merupakan Pembina Yayasan Daar An-Nahl Minangkabau dan Mahasiswa S3 Administrasi Pendidikan Universitas Negeri Padang menyampaikan topik ceramah Akhlak Kaum Intelektual dalam Menyikapi Perkembangan Teknologi dan Situasi Pandemi Corona dari Sudut Pandang Islam.

"Ada dua poin utama yang harus kita dalam yakni perkembangan teknologi dan kedua situasi pandemi Covid-19. Sesungguhnya apapun peristiwa yang baik ataupun buruk menurut pandangan manusia tentulah sesuai dengan ketentuan Allah," demikian disampaikan oleh Ustaz Kamarul Zaman, Lc., M.A.

Menurut Ustaz Kamarul Zaman, Lc., M.A., berdasarkan peristiwa pandemi Covid-19 ini, dari sisi spiritual yang harus kita kuatkan adalah menerima peristiwa Covid-19 ini sebagai sesuatu yang sudah ditentukan oleh Allah dan dihadapi dengan kesabaran.

Pada kesempatan itu, Ustaz Kamarul Zaman, Lc., M.A. mengemukakan bahwa Rasulullah sudah mengajarkan kepada umat pandemi apapun yang terjadi di dunia ini harus dihadapi dengan kesabaran serta dijadikan sebagai rahmat untuk mengkajinya dan kita sebagai kaum intelektual dengan sungguh-sungguh pula untuk mencarikan solusinya.

Berkaitan dengan berbagai perkembangan informasi pada saat ini, Ustaz Kamarul Zaman, Lc., M.A. juga menambahkan bahwa ajaran agama Islam mengajarkan kepada kita yakni Rasulullah membenci orang-orang yang menyebarkan berita atau informasi yang belum tentu kebenarannya. Menurut Ustaz Kamarul Zaman, Lc., M.A. masyarakat dan terutama kaum intelektual seharusnya jika mendapatkan informasi atau berita yang diragukan kebenarannya maka harus disaring sebelum dibagikan (sharing) kepada orang lain.

"Sesungguhnya sikap kita yang terbaik tentulah kita harus semakin mendekatkan diri atas dasar keimanan kita kepada Allah dan semakin menguatkan kita berusaha untuk mencarikan solusi atas musibah pandemi Covid-19," tambah Ustaz Kamarul Zaman, Lc., M.A. (ET)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru