Stand Beasiswa di Edu Fair Pemko Padang Panjang Ramai Peminat

PENDIDIKAN-703 hit

PADANG PANJANG - Antusiasme tinggi calon mahasiswa dalam mencari informasi beasiswa di iven Edu Fair, berdampak positif bagi sejumlah perguruan tinggi. Kampus mereka banyak dilirik calon mahasiswa dan bahkan ada yang langsung mendaftar di stand mereka untuk bisa mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa baru.

Hingga penutupan Sabtu (22/5) di lokasi pelaksanaan Edu Fair di kompleks SMAN 2 Padang Panjang, pengunjung yang umumnya para siswa SMA semester akhir dan para guru yang berminat melanjutkan studinya ke strata magister (S2) datang ke lokasi pameran untuk mendapatkan informasi. Yang mereka ingin ketahui, bagaimana cara mendapatkan beasiswa Padang Panjang Juara yang disediakan Pemko.

Di acara yang digelar sejak Jumat (21/5) ini, para pengunjung langsung menggali informasi di stand perguruan yang mereka tuju. Mereka ingin mendapatkan sosialisasi mengenai perguruan tinggi yang akan mereka pilih itu. Ada juga yang dengan mantap, langsung mendaftarkan diri.

Adapun delapan perguruan tinggi yang siap menampung calon mahasiswa penerima beasiswa Padang Panjang Juara ini. Di antaranya Universitas Negeri Padang (UNP), Politeknik Negeri Padang (PNP), Universitas Muhammadiyah Sumbar (UMSB), IAIN Batusangkar, Universitas Sampoerna, Akper Nabila, STIT Diniyyah Puteri dan STES Manna Wa Salwa.

Dikatakan Wakil Ketua Bidang Kerja Sama STES Manna Wa Salwa, Zakaria Aziz, meskipun terbilang baru, pihaknya telah mendapatkan tiga pendaftar yang ingin kuliah di STES.

"Tiga orang ini merupakan warga Padang Panjang yang mendaftar melalui Edu Fair. Namun sebelumnya juga telah ada dua orang mendaftar langsung datang ke kampus," ungkapnya.

Hal serupa juga disampaikan Wakil Ketua III Bidang Kesiswaan STIT Diniyyah, Diana Sartika. Dia mengatakan, kemarin pihaknya sudah menerima satu pendaftar warga Padang Panjang. "Meskipun STIT Diniyyah hanya khusus perempuan, kami tetap optimis warga Padang Panjang pasti ada yang berminat," sebutnya.

Akper Nabila dan UMSB juga telah menerima para pendaftar. Hari pertama, Akper Nabila menerima sembilan orang pendaftar dan UMSB ada tiga pendaftar.

Sementara untuk UNP, IAIN Batusangkar dan PNP, di hari pertama sangat banyak yang mendatangi stand untuk mengetahui tentang perguruan tinggi tersebut beserta programnya. Namun belum bisa dipastikan berapa pendaftar dari Padang Panjang.

Seluruh pihak perguruan tinggi itu, akan terus membuka pendaftaran hingga batas yang telah ditentukan. Tidak hanya untuk Padang Panjang, melainkan juga daerah lain.

Guru Juga Buru Beasiswa

Tak hanya siswa, guru-guru yang akan melanjutkan kuliah ke jenjang Strata 2 juga berdatangan dan menanyakan beberapa informasi di setiap perguruan tinggi yang buka stand di pameran pendidikan itu. Baik itu untuk informasi beasiswa maupun tentang program studi yang dimiliki perguruan tersebut tersebut.

Salah seorang pengunjung, Guru Taman Kanak-Kanak Tunas Karya, Fitri Anora saat ditanya Kominfo, dirinya bersemangat ingin kuliah lagi begitu tahu ada beasiswa dari Pemko.

"Program Pemko memberikan kesempatan kepada guru dan siswa untuk melanjutkan kuliah melalui program beasiswa sangat bagus sekali. Ini sangat menginspirasi sekali," kata warga Kampung Manggis, Kecamatan Padang Panjang Barat tersebut.

Ditambahkannya, dengan adanya program beasiswa ini mampu memacu dirinya dan teman sejawatnya sesama guru untuk kuliah lagi. Melanjutkan pendidikan untuk karir mereka dan menambah ilmu dalam upaya mencerdaskan anak didik yang mereka ajar.

Fitri berharap, program ini berlanjut ke depannya, karena tidak hanya dia yang ingin melanjutkan S2. Guru-guru lain juga pasti ada keinginan kalau ada peluang seperti ini.

"Saya harap, dengan adanya beasiswa ini, guru lebih sukses dan sejahtera lagi. Tak lupa semoga peluang untuk beasiswa ditambah lagi," harapnya. (cici/cigus/lex)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru