Komisioner Bawaslu RI Kuliah Umum dan Jalin Kerjasama dengan FIS UNP

PENDIDIKAN-201 hit

PADANG - Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Rahmat Bagja mengajak generasi Z untuk ikut terlibat dalam setiap proses pesta demokrasi. Hal itu ia katakan dalam kegiatan Kuliah Umum dan Pendidikan Pengawasan Pemilu di Lingkungan Akademik, bertema Generasi Z dalam Pusaran Demokrasi, Pemilu, dan Pengawas Pemilu di ruang sidang Senat Universitas Negeri Padang, Senin, (15/11/2021).

Menurut Bagja, peran aktif generasi Z yang akan menjadi bagian dari pemilih pada Pemilu dan Pilkada Tahun 2024 nanti dapat diwakili melalui keterlibatan mahasiswa secara proaktif. Peran itu harus muncul dan diimplementasikan sebagai rangkaian tugas dan fungsinya sebagai ujung tombak demokrasi. "Di samping itu, lingkungan pendidikan yang terdiri dari lintas generasi harus ikut terlibat dalam setiap proses demokrasi," ungkapnya.

Dalam iven ilmiah yang dihadiri langsung oleh Rektor Universitas Negeri Padang, Prof. Ganefri, Ph.D, ini disampaikan pula fakta bahwa pada pemilu 2024 nanti 60% pemilih adalah dari generasi Z. Tantangan demokrasi ke depan harus menjadi momentum bagi demokrasi yang lebih baik, sementara pelaksanaan demokrasi di semua level di Indonesia masih terperangkap dalam prosedural demokrasi. Untuk itu, pada Pemilu ke 6 tahun 2024 seharusnya kualitas demokrasi mulai bergeser dari demorkasi prosedural ke demokrasi substansial.

Dalam sambutannya, Rektor UNP, Prof. Ganefri, Ph.D menekankan arti penting penerapan asas-asas demokrasi yang bernilai moral dan sesuai dengan karakter bangsa. Negara demokratis ditandai oleh selalu terserapnya aspirasi dari seluruh warga negara dan terciptanya tanggung jawab yang mengayomi seluruh elemen bangsa oleh para pemimpin. "Kita menunggu lahirnya agen-agen dan aktivis demokrasi yang bernas dari UNP dan menjadi katalisator demokratisasi bangsa dan negara secara umum ke depan," demikian Rektor UNP.

Lebih jauh, melalui kesempatan Kuliah Umum yang diselenggarakan atas kerja sama antara Bawaslu-R.I dengan Labor Jurusan Sosiologi, FIS-UNP ini, dan untuk meningkatkan peran serta perguruan tinggi didalam pengawasan partisipatif terutama dalam menghadapi pemilu 2024, Bawaslu Sumatera Barat menjalin kerjasama melalui penandatanganan MoU dengan fakultas Ilmu Sosial dan PKS dengan 3 Prodi di lingkungan FIS; Prodi Pendidikan Sosiologi, PPKN, dan S2 PPKN.

Penandatanganan MoU disaksikan secara langsung oleh Dekan FIS UNP Dr. Siti Fatimah, M.Pd., M.Hum dan Ketua Bawaslu Sumatera Barat Surya Efitrimen, S.Pt., MH. Sedangkan Penandatangan PKS dilakukan oleh Dr. Eka Vidya Putra, M.Si (Ketua Prodi Pendidikan Sosiologi), Dr. Hasrul, M.Si (Ketua Prodi PPKN), Susi Fitria Dewi, Sos, M. Si, Ph.D (Ketua Prodi S2 PPKN).

Di samping itu, di kesempatan yang sama, Rektor UNP berkenan membuka iven Sociology Week, dengan tema: "Adaptation is easy, sociology is hard". Rangkaian kegiatan di antaranya adalah kuliah umum dengan Butet manurung bertema; budaya dan pendidikan, lomba media pembelajaran, lomba debat sosiologi, dan lomba sosiologi visual. Iven ini diadakan pada 15 - 20 November 2021, pesertanya adalah mahasiswa Sosiologi se Indonesia. Dalam kegiatan sociology week kali ini HIMA sosiologi UNP berkolaborasi dengan Komisi Informasi Sumbar, Sumatra Institute, Decause, Reevolt institute.*[Rel/MIG]

Jurusan Sosiologi dan Jurnal Socius Studi Banding dan Jalin Kerjasama dengan UNY dan RJI

Tim Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang, dipimpin langsung oleh Ketua Prodi, Dr. Eka Vidya Putra, M.Si melakukan kunjungan kerja dan jalinan kerja sama dengan Jurusan Sosiologi, FISIP Universitas Negeri Yogyakarta pada 8 November 2021 lalu. Lokasi kegiatan bertempat di Ruang Sidang Lafran Pane, FIS-UNY, Yogyakarta.

Pada kunjungan tersebut, rombongan Prodi Sosiologi, FIS-UNP berkesempatan menyimak pemaparan mengenai Sosialisasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar, Kampus Merdeka) Prodi Pendidikan Sosiologi UNY, disampaikan oleh Grendi Hendrastomo, M.A. beserta tim. Di samping itu, juga dilaksanakan penandatanganan PKS (Perjanjian Kerja Sama) antara Jurusan Sosiologi FIS UNP dan Jurusan Sosiologi FIS UNY oleh masing-masing Ketua Prodi Nur Hidayah, M.Si. (Ka. Prodi Pendidikan Sosiologi UNY dan Dr. Eka Vidya Putra, M.Si. (Ka. Prodi Pendidikan Sosiologi UNP).

Sehari setelahnya, 9 November 2021, rombongan Prodi Sosiologi yang di dalamnmya juga membawa tim redaksi Jurnal Socius UNP, berkenan mengunjungi Kantor Pusat Relawan Jurnal Indonesia (RJI) di Yogyakarta dalam rangka Benchmarking Pengelolaan Jurnal Ilmiah. Redaksi Jurnal Socius yang berkunjung adalah Dr. Delmira Syafrini, M.A selaku Managing Editor dan Rhavy Ferdyan,, S.Pd. sebagai Supporting Staff.

Disambut oleh oleh Dr. Moh. Iqbal Ahnaf (Editor in Chief Jurnal Kawistara) dan Dr. Hastangka (Managing Editor Kawistara), agenda utama kunjungan kerja adalah berupa Studi Banding pengelolaan jurnal ilmiah bersama RJI Pusat, membahas masalah pengelolaan jurnal ilmiah terakreditasi, prosedur keanggotaan RJI, dan penjelasan beberapa layanan RJI seperti supervisi, forum diskusi, pusat studi, dan yang baru dirilis RJI Academy yang akan berjalan pada Desember 2021.

Juga tak ketinggalan didiskusikan mengenai aspek manajemen, pengelolaan naskah, hingga penerbitan. Jurnal Kawistara juga menunjukkan berbagai layanan yang tepat kepada penulis hingga alur melakukan revisi artikel setelah direview oleh reviewer. Agenda penting lainnya adalah menjajaki kerjasama Jurnal Socius dengan Jurnal Kawistara terutama dalam rangka pertukaran editor dan reviewer di masing-masing redaksi

Dalam paparannya, Delmira menyampaikan, Jurnal Socius berusaha keras meningkatkan akreditasi (saat ini SINTA 3) berdasarkan saran dan masukan diperoleh dari RJI dan mengikuti beberapa layanan RJI seperti beberapa workshop pengelolaan jurnal yang sedang berlangsung. (Rel/MIG/Je).

Loading...

Komentar

Berita Terbaru