Subuh Mubarak UNP Pagi Ini: Pandangan Islam dalam Penguasaan Ilmu Pengetahuan

PENDIDIKAN-165 hit

Padang-Materi Subuh Mubarak ini menambah wawasan kita tentang energi terbarukan dan energi tak terbarukan serta kita bisa mengembangkan sumber-sumber energi yang diciptakan Allah di bumi ini bisa dimanfaatkan untuk kehidupan manusia.

Wakil Rektor III Universitas Negeri Padang, Hendra Syarifuddin, M.Si., Ph.D. menyampaikan hal itu dalam sambutannya pada kegiatan Subuh Mubarak Universitas Negeri Padang yang diselenggarakan Fakultas Teknik, pada Jumat (15/10) pagi ini secara virtual yang diikuti oleh pimpinan dan sivitas akademika Universitas Negeri Padang.

Pada kesempatan itu, Wakil Rektor III Universitas Negeri Padang, Hendra Syarifuddin, M.Si., Ph.D. menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kesediaan Nusyirwan, S.T., M.Sc. (Penanggung Jawab Teknik Ikatan Ahli Ketenagalistrikan)sebagai penceramah pada kegiatan Subuh Mubarak Universitas Negeri Padang yang diselenggarakan secara virtual.

Baca Juga


Dalam ceramahnya dengan topik "Pandangan Islam dalam Penguasaan Ilmu Pengetahuan Khususnya dalam Bidang Energi dan Penggunaannya", Ustaz Nusyirwan, S.T., M.Sc. menjelaskan bahwa bahwa manusia dinilai mulia serta mengagungkan manusia di muka bumi karena ilmunya dan ilmu pengetahuan tersebut datang dari Allah.

Lebih lanjut Ustaz Nusyirwan, S.T., M.Sc. menyampaikan bahwa pergantian siang dan malam serta penciptaan langit dan bumi merupakan pertanda kekuasaan Allah dan hal itu bukanlah kesia-siaan namun perlu dipelajari oleh manusia yang cinta ilmu pengetahuan.

"Di bumi ini kita memiliki energi terbarukan yang diperbaharui oleh Allah seperti air, matahari, angin, Samudera, bio energi ada energi yang tak terbarukan seperti minyak bumi, gas bumi, batu bara, gambut,, nuklir dan semua itu adalah milik Allah," tambah Ustaz Nusyirwan, S.T., M.Sc.

Pada kesempatan itu, Ustaz Nusyirwan, S.T., M.Sc. juga menambahkan bahwa Allah dalam Alquran sudah menyampaikan bahwa diciptakan bumi berlembah-lembah yang menampung air hujan membawa buih dan membawa logam/mineral serta manusia perlu mempelajari dan memanfaatkan untuk ilmu pengetahuan.

"Energi matahari, energi angin, energi air sudah dijelaskan oleh Allah dalam Alquran yang perlu dipelajari sebagai ilmu pengetahuan bagi orang-orang yang berpikir," tambah Ustaz Nusyirwan, S.T., M.Sc.(ET)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru