Tim PKM Universitas Negeri Padang Lakukan Pengabdian Hilirisasi Ikan Air Tawar di Rao, Pasaman

PENDIDIKAN-412 hit

Padang-Pada Jumat (1/10) kemarin, Tim Pengabdian kepada Masyarakat, Universitas Negeri Padang mengadakan kegiatan pengabdian "Hilirisasi Ikan Air Tawar untuk Meningkatkan Pendapatan Masyarakan di Rao Pasaman". Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan atas Kerja Sama Universitas Negeri Padang (UNP) dengan Pemda Kabupaten Pasaman. Kegiatan ini bertujuan untuk memberdayakan para ibu rumah tangga agar mereka memperoleh penghasilan dari pengolahan ikan air tawar.

"Di Kabupaten Pasaman, khususnya Kecamatan Rao dan Rao Selatan, Ikan air tawar sudah menjadi komoditas yang kurang menguntungkan karena harga jualnya yang semakin murah dan hal inilah yang melatarbelakangi kegiatan ini," jelas Prof. Dr. Yasri, M.S. sebagai Ketua Tim PKM kepada wartawan portal beritaminang.com kemarin (2/10) di Kampus UNP Air Tawar Padang.

Kegiatan PKM ini diketuai oleh Prof. Dr. Yasri, M.S., bersama dua dosen lainnya, Astra Prima Budiarti, S.E., BBA (Hons), M.M., dan Yollit Permata Sari, S.E., M.Si., dosen Fakultas Ekonomi UNP.

Baca Juga


"Sebagai putra asli daerah Pasaman, kami mengetahui betul permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat. Untuk itu kami bekerja sama dengan Ibu Metri Wilda Nasution, S.E., M.M., Kabid Litbang Bappeda Pasaman dalam penyelenggaraan kegiatan PKM ini," tambah Prof. Dr. Yasri, M.S.

Lebih lanjut kata Prof. Dr. Yasri, M.S., untuk meningkatkan keunggulan bersaing, diciptakan diferensiasi pengolahan ikan air tawar dengan narasumber Prof. Dr. Anni Faridah, M.Si, dosen Jurusan Ilmu Kesejahteraan Keluarga (IKK) Fakultas Pariwisata dan Perhotelan UNP.

Pada kesempatan itu, Prof. Dr. Yasri, M.S. menjelaskan narasumber sebagai ahli gizi dan makanan
dalam kegiatan itu membuat empat resep pengolahan ikan air tawar, diantaranya; Bakso Ikan, Nugget Ikan, Pempek Ikan, dan Stick Ikan.

"Para ibu rumah tangga yang menjadi peserta pelatihan telah dibagi menjadi beberapa Kelompok mempraktekkan semua resep yang diajarkan. Kegiatan hilirisasi dan inovasi ikan air tawar ini diikuti oleh 40 peserta yang dibagi dalam 12 kelompok. Dengan ini diharapkan nantinya para peserta memiliki keterampilan untuk mengolah ikan air tawar," jelas Prof. Dr. Yasri, M.S.

Pada kegiatan itu, peserta difasilitasi dengan alat memasak. Setiap kelompok diberikan sepaket alat memasak, seperti Blender, Ampia, dan Timbangan Digital. Peralatan ini diserahkan langsung oleh Prof. Dr. Yasri, M.S., kepada masing-masing ketua kelompok.

"Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan yang mulai diselenggarakan pada 3 September 2021 di Kecamatan Tigo Nagari, dan pada 10 September 2021 di Nagari Koto Kaciak. Setiap kegiatan yang diadakan selalu mendapat dukungan penuh dari Camat dan Wali Nagari setempat, serta Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pasaman, Bapak Tamrin, S.Pi.," tambah Prof. Dr. Yasri, M.S. (ET)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru