Prof. Ganefri, Ph.D. pada Wisuda UNP: Kontribusi LPTK Menginternalisasikan Nilai-nilai Pancasila

PENDIDIKAN-386 hit

Padang-"Kesaktian Pancasila" yang diperingati setiap Tanggal 1 Oktober merupakan momentum bagi bangsa Indonesia untuk mengingat perjalanan sejarah dalam mempertahankan ideologi negara. Perjuangan panjang tersebut perlu diingat oleh setiap generasi, agar bisa dijadikan cermin dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara.

Hal itu ditegaskan oleh Prof. Ganefri, Ph.D., Rektor Universitas Negeri Padang dalam pidatonya pada Wisuda ke-124 yang dimulai hari ini, Sabtu (2/10) yang diselenggarakan secara luring dan daring dari Auditorium Kampus UNP Air Tawar Padang. Upacara wisuda ke-124 ini akan dilaksanakan selama 4 hari hingga tanggal 5 Oktober. Dalam upacara wisuda pada Sabtu (2/10), Menteri Agama Republik Indonesia menyampaikan orasi ilmiah di hadapan wisudawan dan sivitas akademika Universitas Negeri Padang.

"Ada empat hal, yang dapat kita petik dari perayaan hari bersejarah ini. Pertama, Kesaktian Pancasila dimaknai sebagai upaya untuk memperkokoh peran Pancasila, sebagai dasar negara serta ideologi bangsa. Pancasila memiliki peran penting sebagai pondasi dasar negara dan mempererat persatuan dan kesatuan," jelas Prof. Ganefri, Ph.D.

Baca Juga


Lebih lanjut Prof. Ganefri, Ph.D. menjelaskan yang kedua, Kesaktian Pancasila dimaknai sebagai sebuah penghormatan kepada seluruh pahlawan yang gugur dalam peristiwa G30S/PKI tahun 1965, sekaligus mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur memperjuangkan keutuhan Bangsa Indonesia.

Pada kesempatan itu, Rektor Prof. Ganefri, Ph.D. mengemukakan yang ketiga, Kesaktian Pancasila memiliki makna penting bagi seluruh warga Negara Indonesia, sebagai momentum untuk menunjukan kepada dunia bahwa Indonesia tumbuh dan besar sebagai bangsa yang multikultural, dan Berbhineka Tunggal Ika.

"Keempat, Kesaktian Pancasila sekaligus dimaknai sebagai bentuk untuk meningkatkan rasa cinta tanah air, patriotisme, nasionalisme dan menjaga persatuan dan kesatuan bangsa," kata Rektor Prof. Ganefri, Ph.D.

Menurut Rektor Prof. Ganefri, Ph.D.,
Pancasila merupakan tanggung jawab bersama, segenap komponen bangsa dan lembaga negara dan generasi muda harus menjadi fokus karena masa depan merupakan tanggung jawabnya.

"Orang muda harus terdepan memperkokoh karakter dan jati diri bangsa yang diarahkan pada pembangunan jati diri Indonesia. Nilai-nilai Pancasila ini perlu diinternalisasikan pada semua warga negara, terutama generasi muda yang dapat dilakukan melalui pendidikan, dimulai dari lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat dengan saling bekerjasama," kata Rektor Prof. Ganefri, Ph.D.

Pada upacara wisuda ke-124 Universitas Negeri Padang yang dilaksanakan selama 4 hari, sejak 2 Oktober hingga tanggal 5 Oktober, diwisuda sebanyak 3032 orang lulusan. (ET)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru