PKM Jurusan Kimia UNP Latih Warga Bungus Barat Buat Minuman Sehat Alami Penangkal Covid-19

PENDIDIKAN-413 hit

PADANG - Tim Pengabdin Masyarakat (PKM) Jurusan Kimia FMIPA UNP yang terdiri dari 11 orang (dosen, petugas PLP dan mahasiswa) melakukan kegiatan melatih warga Keluruhan Bungus Barat Kota Padang, Sumbar, guna membuat minuman keluarga peningkat imun tubuh guna menangkal Covid-19.

Menurut Ketua Tim Pengabdian Dra. Suryelita, M.Si, tujuan kegiatan ini, yakni untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan masyarakat dalam memanfaatkan dan mengolah bahan alam berupa rempah-rempah dan kelapa sebagai minuman sehat keluarga dalam meningkatkan imun tubuh selama pandemi covid 19.

"Kita melakukannya dengan cara memberikan pelatihan kepada masyarakat khususnya ibu-ibu PKK kelurahan Bungus Barat sehingga mereka mempunyai pengetahuan tentang bagaimana mengolah rempah-rempah seperti jahe, kunyit, kayu manis, kayu secang, cengkeh, madu dll menjadi minuman sehat serta mengolah kelapa menjadi VCO yang bernilai ekonomis dengan sejuta khasiat untuk kesehatan sehingga dapat meningkatkan imun tubuh masyarakat setempat dimasa pandemi covid 19," katanya.

Baca Juga


Adapun produk olahan yang dibuat pada kegiatan ini, sambungnya adalah ultimate, minuman anti covid, dan VCO. Tim PKM berharap pengetahuan yang diberikan dapat diaplikasikan masyarakat dalam kehidupannya sehingga produk yang dibuat dapat dikonsumsi maupun dijadikan suatu ide untuk berwirausaha sehingga dapat membantu meningkatkan perekonomian keluarga.

Untuk kegiatan kali ini diikuti sebanyak 15 orang ibu-ibu PKKKelurahan Bungus Barat Kota Padang. Pembatasan peserta mengingat kondisi dalam masa pandemi maka peserta kami batasi.

"Dengan harapan perwakilan peserta ini dapat saling berbagi informasi dan pengetahuan yang telah didapatkan selama kegiatan kepada masyarakat disekitar tempat tinggal masing-masing," sambung Dra. Syamsi Aini, M.Si, Ph.D.

Pelaksanaan kegitan dipusatkan di Kantor Lurah Kelurahan Bungus Barat Jln. Raya Padang painan Km 18 Padang. Adapun waktu kegiatan dilakukan sebanyak 1 kali terstruktur dan 3 kali kegiatan mandiri. Kegiatan yang dibuka langsung Luruh Bungus Barat Rostam Efendi, SKM. Kegiataana dimulai Sabtu, 14 Agustus 2021 dan berakhir Minggu, 23 Agustus 2021.

Tim yang melakukan pengabdian kali ini terdiri dari Dra. Suryelita, M.Si (Ketua) bersama Dra. Syamsi Aini, M.Si, Ph.D, Dr. Indang Dewata, M.Si, Dra. Sri Benti Etika, M.Si, Melindra Mulia, M.Si, Dr. Desy Kurniawati, S.Pd, M.Si, Trisna Kumala Sari, Ph.D, Silvi Veronita S. Si, Fitri Yuranda, S.T, Dasnawati, Fany Oktadevi dan Septian Budiman. (MR)


Loading...

Komentar

Berita Terbaru