Prodi Magister PPKn FIS UNP Gelar Kuliah Umum dengan Tema Menulis Artikel Ilmiah

PENDIDIKAN-333 hit

PADANG - Program Studi (Prodi) MagisterPendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) bersama Tim Mata Kuliah Studi Lapangan, dan Seminar PPKn Universitas Negeri Padang (UNP) menyelenggarakan kuliah umum dengan mengundang Dosen Tamu, Prof. Dr. Irwan Abdullah yang merupakan Guru besar Antropologi Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada (UGM) dengan Tema Menulis Artikel Ilmiah untuk Publikasi Jurnal melalui aplikasi Zoom Meeting, Senin (30/08/2021).

Kegiatan kuliah umum tersebut dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial (FIS) UNP, Dr. Siti Fatimah. Kegiatan ini dimoderatori oleh Dr. Fatmariza serta diikuti oleh mahasiswa, dan dosen dari berbagai universitas di Indonesia.

Pada kuliah umum tersebut, Prof. Dr. Irwan Abdullah memberikan wawasan, dan keterampilan bagaimana menulis artikel ilmiah untuk publikasi Jurnal.

Prof. Dr. Irwan Abdullah membagi 3 bahagian materi kuliah, pertama penelusuran jurnal, dan teknik memilih jurnal sesuai dengan tema penelitian. Beliau menjelaskan bahwa mahasiswa dapat menelusuri pilihan jurnal nasional atau internasional bereputasi diantaranya melalui website Scimago dan Google Scholar. Penelusuran ini penting dilakukan untuk memberikan informasi kepada penulis terkait issue jurnal, template artikel, dan berbagai ketentuan atau syarat publikasi yang mengikutinya.

Kedua, pentingnya meletakkan standard mutu penulisan artikel. Beliau memaparkan penulis harus menetapkan satu "pesan" dengan mencari bukti-bukti berupa data untuk kemudian dihubungkan secara rasional. Pesan, dan data itu kemudian dituangkan dalam template IMRAD CR (Introduction, Methode, Result, Discussion, Conclusion, and Reference).

Beliau menjelaskan bahwa bahagian method yang menghasilkan data akan berhubungan langsung dengan result, sedangkan bahagian literature akan berhubungan langsung dengan discussion. Setiap bahagian harus menggunakan bahasa konseptual yang dipahami jurnal, seperti hubungan sebab akibat.

Beliau juga menunjukkan peta penulisan artikel yang mengaitkan IMRAD CR secara keseluruhan. Pada peta tersebut jelas terlihat bagaimana hubungan antara kesenjangan, tujuan, method, result, discussion, dan conclusion. Hal penting lainnya adalah konsistensi penulis untuk menulis paragraf dengan tiga tipe kalimat yaitu kalimat utama, kalimat pendukung, dan kesimpulan.

Ketiga, Prof. Dr Irwan Abdullah juga memberikan contoh bagaimana menuliskan outline artikel yang menggambarkan sistematika paragraf-paragraf dalam artikel. Outline dimulai dari membuat judul, yang diturunkan menjadi tiga keyword. Beliau lalu menentukan tiga tujuan penulisan seperti wujud sebuah kesenjangan, factor, dan implikatif. Setelah itu beliau menunjukkan bagaimana mengisi kalimat-kalimat utama dalam bahagian-bahagian IMRAD, dan conlusion.

Seluruh peserta kagum dengan kecepatan berfikir beliau, karena berhasil membuat outline artikel dalam waktu satu jam saja sebagai panduan dalam menulis artikel. Hal ini membuktikan bahwa membuat artikel bukanlah yang sulit asalkan mengetahui strategi dalam menyusun outline sebagai panduan.

Mulai dari awal hingga akhir perkuliahan, peserta antusias mendengarkan materi yang disampaikan oleh Prof. Dr. Irwan Abdullah, karena beliau adalah akademisi yang telah berhasil menuliskan 189 karya ilmiah baik dalam bentuk artikel pada jurnal nasional dan internasional serta berbagai buku bidang ilmu sosial dan humaniora.

Prof. Dr. Irwan Abdullah juga menyampaikan apresiasi kepada UNP khususnya Kepala Prodi Magister PPKn, Susi Fitria Dewi, Ph.D., yang tetap rutin menyelenggarakan kegiatan akademik meskipun di masa pandemi Covid-19 saat ini.

Prof. Dr Irwan Abdullah mengajak mahasiswa, dan dosen untuk menjadikan menulis artikel ilmiah sebagai tradisi mewariskan kecerdasan, dan kearifan kepada generasi mendatang, melalui program ODOP (One Day One Paragraph). (Je)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru