Ini Tips Kadinkes Padang Panjang, Bagaimana Tetap Bugar Saat Puasa dengan Berolahraga

KESEHATAN-510 hit

Penulis: RIFKI MAHENDRA | Editor: Marjeni Rokcalva

SAAT menjalankan ibadah puasa terjadi perubahan rutinitas sehari-hari. Meliputi bangun lebih pagi untuk sahur, menjalankan puasa sejak terbit fajar hingga terbenam matahari, dan beribadah pada malam hari.

Dengan adanya rutinitas ini tentunya kita diharapkan tetap memiliki tubuh yang bugar, agar dapat menjalani ibadah dengan lancar.

Salah satu cara untuk menjaga kebugaran tubuh selama bulan puasa adalah dengan berolahraga. Olahraga terbukti dapat meningkatkan penyerapan glukosa ke dalam sel otot, sehingga dapat membuat tubuh terasa lebih segar.

Olahraga yang dilakukan saat menjalani puasa disesuaikan dengan intensitas ringan--sedang. Mengingat pada saat berpuasa tidak ada asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh.

Salah satu jenis olahraga yang cocok saat menjalani ibadah puasa yaitu jogging atau berlari-lari kecil bisa jadi pilihan berolahraga saat sore hari.

Olahraga jogging atau berlari pelan bisa membakar kalori secara maksimal dan meningkatkan hormon endorfin dalam tubuh. Namun, jogging di bulan puasa, bisa dilakukan dengan intensitas ringan untuk mencegah terjadinya dehidrasi berlebih.

Di Kota Padang Panjang, Lapangan Bancalaweh menjadi salah satu tempat favorit bagi siapa saja untuk melakukan berbagai aktivitas olahraga di bulan puasa. Tempat ini mulai ramai dikunjungi masyarakat menjelang sore hari hingga waktu berbuka tiba.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Panjang, dr. Faizah, Kamis (14/3/2024) mengungkapkan, waktu untuk berolahraga sebaiknya memang dilakukan pada sore hari agar stamina tubuh lebih terjaga.

"Memilih jenis olahraga yang tepat juga sangat penting. Selain itu, penting untuk tetap memperhatikan kebutuhan tubuh akan nutrisi yang baik. Perbanyak asupan protein, serat, dan cukupi kebutuhan cairan tubuh pada malam sebelum berpuasa," sebutnya.

Selain jogging, Dokter Faizah menambahkan, olahraga ringan seperti gerakan, sit up, push up, dan sebagainya juga sangat baik bagi kebugaran tubuh. Tidak hanya agar terlihat lebih bugar tapi pikiran juga makin sehat. Dengan begitu, bisa menjalankan puasa dengan lebih fokus dan tenang.

"Stretching dan pemanasan ringan, latihan ini bisa dilakukan dalam waktu 10 menit. Hal ini berfungsi untuk melancarkan peredaran darah, melatih otot tubuh, dan mencegah badan jadi kaku setelah duduk seharian. Orang sehat belum tentu bugar, tapi orang yg bugar sudah pasti sehat," tuturnya.

Sementara itu, Ilham Azfi salah seorang warga Guguk Malintang yang tengah jogging di Bancalaweh mengungkapkan, dengan berolahraga tubuhnya terasa lebih ringan untuk menjalankan ibadah puasa.

"Menurut saya olahraga itu penting, tidak hanya saat berpuasa, namun di hari-hari biasa kita juga harus berolahraga. Guna menjaga tubuh tetap sehat dan kuat menjalankan aktivitas sehari-hari, dan tidak gampang sakit," ujarnya. (RIFKI MAHENDRA)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru