Universitas Negeri Padang Gelar Kuliah Umum Bersama Ustaz Prof. Abdul Somad, Lc., D.E.S.A., Ph.D.

PENDIDIKAN-1871 hit

Penulis: ET | Editor: Medio Agusta

PADANG - Universitas Negeri Padang pada Jumat (26/5) menggelar kegiatan Kuliah Umum dengan menghadirkan dosen tamu Ustaz Prof. Abdul Somad, Lc., D.E.S.A., Ph.D. bertempat di Auditorium Kampus UNP Air Tawar Padang. Topik kuliah umum adalah Urgensi Pendidikan Islam untuk Moderasi Beragama.

Rektor Universitas Negeri Padang, Prof. Ganefri, Ph.D. dalam sambutannya ketika membuka Kuliah Umum menyampaikan sivitas akademika Universitas Negeri Padang telah lama menunggu kehadiran Ustaz Abdul Somad dan dapat hadir pada hari ini yang sudah bergelar Profesor di Kampus UNP Negeri Padang.

"Pada kesempatan ini kami sudah menyampaikan kesediaan Ustaz Prof. Abdul Somad menjadi dosen tamu untuk memberikan kuliah umum setiap semester sebagai Adjunct Profesor di Universitas Negeri Padang. Alhamdulillah Ustaz Prof. Abdul Somad telah menyampaikan kesediaan," jelas Rektor Prof. Ganefri, Ph.D.

Baca Juga


Lebih lanjut Rektor Prof. Ganefri, Ph.D. mengemukakan bahwa Universitas Negeri Padang yang besar dengan jumlah mahasiswa sebanyak 45 ribu mahasiswa diharapkan dapat dan selalu menghasilkan sumber daya manusia yang unggul.

"Kampus Universitas Negeri Padang akan maju jika sumber daya manusia baik mahasiswa maupun dosen selalu menghasilkan kreativitas dan inovasi," tambah Rektor Prof. Ganefri, Ph.D.

Ustaz Prof. Abdul Somad, Lc., D.E.S.A., Ph.D. dalam ceramahnya menyampaikan bahwa agama dan kebangsaan janganlah dipertentangkan, janganlah dikotomikan, tetapi harus dipersatukan atau disejalankan dalam kehidupan dan hal itu sudah terdapat dalam kehidupan suku bangsa di Indonesia.

"Jadi dalam kehidupan berbangsa marilah kita selalu menyatukan dan sejalankan agama dan kebangsaan," tambah Ustaz Prof. Abdul Somad.

Lebih lanjut Ustaz Prof. Abdul Somad menyampaikan apresiasi kepada Rektor Prof. Ganefri, Ph.D. yang selalu mengingatkan sivitas akademika untuk selalu menjadi inovator, terdepan, dan pioner dalam dunia pendidikan.

Selain itu, Ustaz Prof. Abdul Somad juga menyampaikan masyarakat Minangkabau adalah masyarakat yang bisa menyesuaikan diri dalam berbagai kehidupan di belahan dunia ini berdasarkan filosofi "di mano bumi dipijak di sinan langik dijunjuang".

"Asal usul keilmuan, kebangsaan, kepemimpinan, sultan pada berbagai tempat dan bangsa dalam sejarah banyak berasal dari Minangkabau," tambah Ustaz Prof. Abdul Somad.

Selanjutnya, Ustaz Prof. Abdul Somad mengajak mahasiswa Universitas Negeri Padang yang terus menggali ilmu pengetahuan yang setinggi-tingginya tetapi tetap harus dekat dengan kehidupan masyarakat dan ilmu pengetahuan dapat bermanfaat bagi masyarakat.

"Kebangsaan dan agama tidak bisa dipisahkan seperti dalam pembukaan Undang-Undang Dasar kita dan Sila pertama dalam Pancasila," tukuk Ustaz Prof. Abdul Somad. (ET)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru