25 Ribu Lebih Peminat Pilih Masuk UNP di Jalur SNBP 2023

Penulis: HMS/BM | Editor: Marjeni Rokcalva

PADANG - Universitas Negeri Padang (UNP) diminati oleh sebanyak 25 ribu lebih peserta berasal dari 24 provinsi se-Indonesia pada Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP).

Data ini disampaikan Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D dalam pidatonya wisuda hari kedua, Minggu, (19/3/2023) di Auditorium UNP.

Adapun Program Studi (Prodi) yang diminati terbanyak adalah, S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan jumlah peminat 1.205 orang, S1 Manajemen dengan jumlah peminat 694 orang, S1 Psikologi dengan jumlah peminat 633 orang, S1 Ilmu Administrasi Negara dengan jumlah peminat 528 orang, S1 Akuntansi dengan jumlah peminat 417 orang, Informatika dengan jumlah peminat 394 orang, S1 Pendidikan Agama Islam dengan jumlah peminat 356, S1 Bimbingan dan Konseling dengan jumlah peminat 332 orang, S1 Administrasi Pendidikan dengan jumlah peminat 297 orang, dan S1 Teknik Pertambangan dengan jumlah peminat 286 orang. Sementara itu, Prodi baru yang diminati diantaranya, S1 Pariwisata, S1 Hukum, S1 Ilmu Komunikasi.

Rektor UNP mengatakan banyaknya peminat memilih UNP dikarenakan adanya penambahan prodi baru dan masyarakat sudah semakin cerdas dalam memilih prodi di perguruan tinggi dengan melihat akreditasi institusi dan prodi tersebut.

"Proses SNBP saat ini sudah sampai pada tahapan penetapan kelulusan dan sedang menunggu proses pengumuman serentak secara nasional. Informasi kelulusan SNBP akan diumumkan pada tanggal 28 Maret 2023." katanya.

Sebagai informasi, kuota penerimaan mahasiswa jalur SNBP di UNP adalah sebanyak 30 persen, jalur SNBT sebanyak 40 persen, serta jalur mandiri sebanyak 30 persen.

"UNP sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH) sebenarnya bisa menerima 50 persen dari jalur mandiri, namun UNP tetap menjaga keseimbangan rasio dosen dan kualitas pendidikan dengan hanya menerima 30 persen saja," tambah Rektor UNP.

Untuk pelaksanaan jalur penerimaan SNBT dengan jenis ujian UTBK, UNP telah mempersiapkan sarana dan prasarana dengan baik. Diinformasikan tahun lalu bahwa peserta UTBK di UNP tertinggi di Sumatera Barat, yaitu sebanyak 22 ribu dari 37 ribu peserta UTBK di Sumatera Barat. (HMS/BM)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru