BAPOMI Sumbar Mulai Siapkan Atlet ke Ajang POMNas XVII 2022

OLAHRAGA-561 hit

Penulis: Jen | Editor: Marjeni Rokcalva

PADANG - Badan Pembina Olahraga Mahasiswa (BAPOMI) Provinsi Sumbar mulai mempersiapkan atlet Tuah Sakato yang akan berlaga di ajang Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNas) 2022 XVII di Sumatera Barat tahun 2022 yang dipusatkan di Kota Padang 11 November 2022 mendatang.

Hal dikatakan Ketua Umum Pengurus Provinsi (PP) Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia (BAPOMI) Sumatera Barat Drs. Hendra Syarifuddin, M.Si, Ph.D., Jumat (4/2/2022) didampingi Sekretaris BAPOMI Sumbar Dr. Arsil, M.Pd.

Hendra yang juga Wakil Rektor III Universitas Negeri Padang (UNP) ini, menyebutkan, di POMNas) XVII 2021 nanti, mempertandingkan 14 cabang olahraga (Cabor).

Baca Juga


Ke-14 Cabor tersebut, yakni Atletik, Renang, Bulutungkis, Tenis, Taekwondo, Pencak Silat, Karate, Tarung Derajat, Bola Basket, Bola Voli, Futsal, Sepaktakraw, Petanque dan Panjat Tebing.

Untuk aturan umumnya, tambah Hendra, usia peserta (atlet) yang ikut POMNas maksimal 23 tahun kelahiran maksimal 31 Desember 1999.

"Untuk Cabor individu minimal 6 peserta dari 6 provinsi dan Cabor beregu minimal 6 tim dari 6 provinsi," tambahnya.

Pola Seleksi Atlet Sumbar

BAPOMI Sumbar, sambung Hendra, membut dua pola seleksi atlet yang dipersiapkan ke POMNas nantinya. Yakni dengan menggelar Pekan Olahraga Mahasiswa Propinsi Sumbar (POMProv) untuk 4 cabor, yakni Bulu Tangkis, Tenis, Bola Voli dan Tarung Derajat. Sedangkan 10 Cabor lainnya, dilakukan dengan cara Seleksi Provinsi (Selekprov).

"Untuk POMProv digelar sebelum bulan puasa tahun ini. Pesertanya seluruh PTN dan PTS yang ada di Sumbar. Sedangkan Selekprov dilakukan usai puasa," tambah Hendra.

Asril juga menambahkan, BAPOMI Sumbar akan mengikuti seluruh Cabor yang dipertandingkan di POMNas, sehingga delegasi Sumbar, berharap tidak saja sukses sebagai tuan rumah, juga sukses meraih medali.

Untuk persiapan atlet yang lolos ke POMNas akan dilakukan pola TC berjalan dan TC pemusatan selama 4 (empat) bulan. Sehingga bisa maksimal ketika bertanding.

"Jadi kita serius menyiapkan atlet. Untuk itu, kami mohon doa restu untuk masyarakat Sumbar. Sehingga Sumbar meraih prestasi terbaik di ajang POMNas nanti," harapnya.

(Jen)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru