Tim Dosen UNP Latih Guru MTsN 2 Solok dalam Pengembangan Pembelajaran berbasis Teknologi

PENDIDIKAN-235 hit

PADANG - Tim dosen Universitas Negeri Padang (UNP) melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) kembali mengabdikan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui Program Kemitraam Masyarakat (PKM) sebagai wujud implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kegiatan PKM yang dilaksanakan oleh Dosen Jurusan Teknik Elektronika Fakultas Teknik UNP di MTsN 2 Solok dalam bentuk Pelatihan Pengembangan Pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam menghadapi era New Normal pasca pandemic COVID-19, sebagai salah satu kegiatan yang didanai pada Tahun 2021 ini.

Demikian disampaikan oleh Drs. Hanesman, M.M. , Ketua Pelaksana Kegiatan Pengabdian kepada wartawan portal beritaminang.com pada Minggu (5/12) di Kampus UNP Air Tawar Padang.

Lebih lanjut Drs. Hanesman, M.M. mengemukakan bahwa tim pelaksana kegiatan pengabdian ini adalah Drs. Hanesman, M.M. sebagai Ketua, Drs. Efrizon, M.T. dan Drs. Putra Jaya, M.T. sebagai anggota dengan instruktur adalah Dr. Muhammad Adri, S.Pd., M.T dan Titi Sriwahyuni, M.Eng yang dibantu oleh 3 orang mahasiswa asisten Fianda Marhamat, M. A. Rafli dan Mifta Rusydi Tanjung, mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektronika, Fakultas Teknik UNP.

Baca Juga


Pada kesempatan itu Drs. Hanesman, M.M. mengemukakan bahwa kegiatan PKM ini dilaksanakan dalam 2 sesi, yaitu Sesi Materi dan Sesi Workshop, dengan model Blended Learning, yang mengintegrasikan pertemuan secara daring dan pertemuan tatap muka.

"Sesi Materi dilaksanakan secara daring yang membahas tentang teori, konsep, dan strategi implementasi tentang pembelajaran berbasis TIK, melalui aplikasi Zoom Meeting, sedangkan sesi Workshop dilaksanakan melalui pertemuan tatap muka, bertempat di Labor Komputer MTs.N 2 Solok di Kenagarian Kotobaru, Solok," jelas Drs. Hanesman, M.M.

Kata Drs. Hanesman, M.M., kegiatan PKM ini dimulai sejak 4 September sampai 20 Nopember 2021 yang lalu. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Ketua LP2M UNP, Yohandri, M.Si, Ph.D yang dalam sambutannya memberi apresiasi atas program PKM yang dilaksanakan sebagai bentuk bantuan dan peran perguruan tinggi dalam mendukung peningkatan kompetensi guru dalam memanfaatkan TIK dalam pembelajaran.

Ketua Pelaksana Drs. Hanesman, M.M. menambahkan bahwa kegiatan PKM ini bertujuan untuk membantu tenaga guru dalam mempersiapkan diri dalam menyelenggarakan proses pembelajaran di era new normal, pasca pandemic COVID-19 ini, khususnya melalui peningkatan kompetensi dalam bidang TIK, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai pendukung keberhasilan proses pembelajaran siswa nantinya di MTsN 2 Solok.

"Kurikulum pengembangan pembelajaran berbasis TIK di MTsN 2 Solok ini dirancang oleh tim instruktur, yang terdiri dari Teori dan Konsep Pembelajaran berbasis TIK, Konsep Dasar Word Processing, Media Interaktif dan pengembangan konten pembelajaran berbasis Video yang dilanjutkan dengan Workshop implementasi pengembangan konten pembelajaran digital yang akan digunakan dalam sistem pembelajaran daring dan kegiatan ini diikuti oleh 20 orang guru dan 10 orang tenaga pendukung di lingkungan MTsN 2 Solok," tambah Drs. Hanesman, M.M.

Kepala Madrasah MTsN 2 Solok, H. Maidison, S.Pd., menyampaikan harapan yang besar kepada seluruh peserta, agar semua pengetahuan dan keterampilan yang didapatkan tidak hanya sebatas melengkapi tugas selama pelatihan, namun benar-benar diimplementasikan di dalam proses pembelajaran di dalam mata pelajaran masing-masing nantinya.

"Setelah menyelesaikan sesi daring, dan peserta guru memiliki pemahaman terkait konsep, desain dan implementasi pembelajaran berbasis TIK, maka selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan pertemuan tatap muka dalam bentuk workshop, yang dilaksanakan pada akhir pekan, yang dimulai pada tanggal 17 -- 18 September, hingga program kegiatan ini diakhiri dengan tugas mandiri pengembangan konten pembelajaran berbasis TIK oleh masing-masing Guru," jelas Drs. Hanesman, M.M.

Lebih lanjut kata Drs. Hanesman, M.M., kegiatan ini berakhir pada tanggal 20 November 2021, dan ditutup secara resmi pad tanggal 24 Nopember 2021 yang disertai dengan penyerahan sertifikat pelatihan kepada seluruh Guru peserta pelatihan dan Sertifikat khusus untuk MTs.N 2 Solok sebagai Mitra kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini. (ET)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru