Dorong Program Wirausaha, UNP lakukan Online Training Digital Marketing bagi Mahasiswa

PENDIDIKAN-248 hit

PADANG - Untuk menunjang keberhasilan implementasi program Kewirausahaan di UNP, tim dosen
melakukan Program Pengabdian kepada Masyarakat untuk skema Program Pengembangan Kewirausahaan (PPK) dengan Ketua Tim Pelaksana Dr. Muhammad Adri, S.Pd., M.T. dan Anggota pelaksana Drs. Haneseman, M.M., Titi Sriwahyuni, M.Eng, dan Drs. Almasri, M.T. pada tahun 2021.

Demikian disampaikan oleh Dr. Muhammad Adri, S.Pd., M.T. kepada wartawan portal beritaminang.com di Kampus UNP Air Tawar Padang pada Minggu (5/12).

Lebih lanjut kata Dr. Muhammad Adri, S.Pd., M.T l., kegiatan pengabdian ini difokuskan pada 2 agenda kegiatan yaitu mendorong peningkatan kompetensi mahasiswa dalam wirausaha melalui pemanfataan tekbologi digital yang disebut dengan Digital Marketing dan mengembangkan protoype Student Marketplace UNP yang digunakan sebagai sarana bagi mahasiswa dalam memasarkan produk-produk wirausahanya.

Baca Juga


"Kehadiran revolusi Industri 4.0 yang menjadikan teknologi digital dan internet sebagai tulang punggung teknologi, telah mengubah paradigma masyarakat dalam berbagai sektor kehidupan, termasuk dunia pendidikan yang melahirkan pendidikan di era Revolusi 4.0 yang disebut sebagai Pendidikan 4.0.," tambah Dr. Muhammad Adri, S.Pd., M.T.

Menurut Dr. Muhammad Adri, S.Pd., M.T., pada kurun waktu 10 tahun belakangan pendidikan kewirausahaan (entrepreneurship) di Indonesia menjadi trend. Sampai detik ini semangat kewirausahaan di perguruan tinggi melalui penyelenggaraan pendidikan kewirausahaan dengan menjadikan Mata kuliah kewirausahaan saat ini menjadi mata kuliah wajib di semua perguruan tingg, karena Pendidikan tinggi yang saat ini menjadi pusat pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berperan dalam mempersiapkan pemimpin di era industri 4.0.

"Mahasiswa sebagai calon pemimpin di era industry 4.0 fokus pada literasi data, teknologi, dan kemanusiaan. Untuk menjadikan generasi yang kreatif, inovatif dan adaptif terhadap kehadiran teknologi," tambah Dr. Muhammad Adri, S.Pd., M.T.

Dr. Muhammad Adri, S.Pd., M.T. mengemukakan Universitas Negeri Padang (UNP) telah mengambil peran penting dalam menciptakan program-program kewirausahaan dengan berbagai wujud dan langkah yang real. Pengembangan program kewirausahaan ini menjadi salah satu prioritas akademik mahasiswa, sebagaimana tertuang dalam Rencana Strategis UNP 2015-2019.

Ketua Pelaksana, Dr. Muhammad Adri, S.Pd., M.T., menyatakan bahwa pada kegiatan training online Digital Marketing, kegiatan ini dilakukan melalui fasilitasn Massive Open Online Course (MOOC) UNP yang dikembangkan khusus untuk kebutuhan kegiatan pembelajaran online non kurikuler, dan salah satunya adalah pelatiha digital marketing ini.

"Pada tahun ini terdaftar sebanyak 385 mahasiswa peserta yang mengikuti kegiatan, yang terdiri dari 3 klaster kelompok mahasiswa, yaitu mahasiswa yang mengikuti perkuliahan Kewirausahaan, mahasiswa penerima hibah Program Mahasiswa Wirausaha dan Mahasiswa UNP lainnya yang berminat dalam mendalami dan mempelajari Digital Marketing ini," jelas Dr. Muhammad Adri, S.Pd., M.T.

Kata Dr. Muhammad Adri, S.Pd., M.T., dari hasil kegiatan ini nantinya peserta akan memperoleh 2 jenis sertifikat pengakuan, yaitu sertifikat ketuntasan belajar digital marketing dan sertifikat keahlian dalam digital marketing yang menyelesaikan tugas akhir pemasaram digital.

"Dari hasil kegiatan pelatihan online Digital Marketing ini, mahasiswa menyatakan sangat puas dengan capaian yang mereka dapatkan, khususnya ilmu-ilmu baru dalam memanfaatkan teknologi digital dalam menjalankan usaha. sosial media sebagai sarana memasarkan produk-produk wirausaha," tambah Dr. Muhammad Adri, S.Pd., M.T.

Di sisi lain, jelas Dr. Muhammad Adri, S.Pd., M.T., pengembangan Aplikasi berbasis Web Student MarketPlace akan menjadi suatu sistem terbuka bagi mahasiswa untuk melalukan transaski penjualan online untuk pemasaran produk wirausaha mahasiswa, dan sejauh ini dari hasil ujicoba pengembangan.

"Sistem ini telah mampu menjawab kebutuhan mahasiswa dalam melakukan transaksi penjualan online, namun kedepan akan disempurnakan agar dapat menjadi sebuah aplikasi yang portabel dan diakses melalui layanan berbasis aplikasi seperti TokoPedia dan BukaLapak," sebagaimana diungkapkan oleh Titi Sriwahyuni, M.Eng, sebagai tim pelaksana pengembangan sistem. (ET)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru