Tim Dosen FBS UNP Lakukan Pelatihan Ragam Hias untuk Membatik bagi Guru di Padang Pariaman

PENDIDIKAN-247 hit

PADANG - Tim dosen Jurusan Seni Rupa, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Padang melakukan Kegiatan Pengabdian Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yakni Drs. Syafei, M.Ag, Drs. Efrizal, M.Pd., Yasrul Sami, S.Sn, M.Sn, Dra. Zubaidah, M.Pd., Drs. Ariusmedi, M.Sn., Maltha Kharisma, S.Pd., M.Pd., dan Resti Lidiya Noftiyanti (mahasiswa) yang diikuti oleh guru-guru SMP dan MTsN di Kabupaten Padang Pariaman tahun 2021.

Demikian disampaikan oleh Ketua Pelaksana Tim Pengabdian Dosen FBS Universitas Negeri Padang, Drs. Syafei, M.Ag., kepada wartawan portal beritaminang.com Minggu (14/11) kemarin.

"Kegiatan pelatihan ini telah memberikan hasil yang sangat mengembirakan baik dari pihak penyelenggara maupun pihak sekolah sebagai mitra," tambah Drs. Syafei, M.Ag.

Baca Juga


Ketua Pelaksana, Drs. Syafei, M.Ag., menyampaikan bahwa kegiatan ini telah dilaksanakan mulai dari tanggal 10 s.d 24 Agustus 2021, dengan jumlah peserta sebanyak 7 orang. Menurut Ketua pelaksana Drs. Syafei, M.Ag., tujuan kegiatan ini adalah membekali pengetahuan dan keterampilan guru seni budaya SMP/MTsN mampu mengajarkan salah satu Standar Kompetensi yaitu: (4.1) "penerapan Ragam Hias pada tekstil basis kain" di kelas VII.

"Hal ini dilatarbelakangi oleh karena pembelajaran Seni Rupa di SMPN Kabupaten Padang Pariaman rata-rata diajar oleh guru-guru dengan latar belakang pendidikan bukan Seni Rupa. Salah satu indikasi menunjukkan rendahnya kemampuan guru dalam materi pembelajaran membatik yang membutuhkan teori dan praktik bahan dan peralatan serta perosedur yang baku," tambah Drs. Syafei, M.Ag.

Lebih lanjut kata Drs. Syafei, M.Ag., para peserta yang terdiri dari guru-guru SMPN/MTsN sudah menunjukkan prestasi yang mengembirakan, ditandai dengan keseriusan mereka dalam kegiatan dan mengerjakan karya dengan tekun karena materi pelatihan ini belum pernah didapatkan oleh peserta sebelumnya.

Drs. Syafei, M.Ag. juga menjelaskan bahwa dukungan pihak sekolah dan MGMP Seni Budaya SMP sangat besar sekali dengan keikutsertaan mereka dalam setiap pertemuan walau dalam suasana Covid-19 dengan mengikuti protokol kesehatan.

"Pihak Sekolah merasa bangga atas ketercapaian program pelatihan ini dengan harapan mendapatkan lagi kesempatan ini di tahun yang akan datang dengan materi yang berbeda," tambah Desmiyanti, S.Pd., Ketua MGMP Seni Budaya SMP Kabupaten Padang Pariaman. (ET)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru