UNP dan MGBK-Sumbar Gelar Workshop Implementasi Aplikasi Digital Pengolahan AUM

PENDIDIKAN-189 hit

PADANG - Tim pengabdian dosen FIP Universitas Negeri Padang bekerja sama dengan Musyawarah Guru BK Sumatera Barat menyelenggarakan Lokakarya (Workshop) Implementasi Aplikasi Digital Pengolahan Alat Ungkap Masalah (Aum) Seri-Umum yang diikuti oleh guru-guru BK Se-Sumatera Barat pada Sabtu (13/11).

Demikian disampaikan oleh Ketua Pelaksana Pengabdian, Ifdil, S.HI, S.Pd., M.Pd, Ph.D, Kons., kepada wartawan portal beritaminang.com pada Sabtu (13/11) sore di Kampus UNP Air Tawar Padang.

"Kegiatan ini melibatkan UNP dan Mitra MGBK SMA/SMK/MA Sumatera Barat. Kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan yang dilaksanakan dari tahun 2020," jelas Ifdil, S.HI, S.Pd., M.Pd, Ph.D, Kons.

Baca Juga


Pada kesempatan itu, Ifdil, S.HI, S.Pd., M.Pd, Ph.D, Kons. menjelaskan bahwa seperti diketahui bahwa Alat Ungkap Masalah (AUM) seri Umum merupakan salah satu instrumen non tes yang digunakan sebagai alat studi kebutuhan dan lazim digunakan oleh guru BK di sekolah seluruh Indonesia.

"Fenomena di lapangan menunjukkan bahwa ada kendala dalam pengambilan studi kebutuhan. Selama ini telah dilakukan training oleh Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling (MGBK) SMA/MA/SMK Sumatera Barat namun belum menyentuh secara mendalam tentang aspek mendalam studi kebutuhan dan secara khusus Aplikasi Digital Alat Ungkap Masalah," tambah Ifdil, S.HI, S.Pd., M.Pd, Ph.D, Kons.

Lebih lanjut kata Ifdil, S.HI, S.Pd., M.Pd, Ph.D, Kons., aplikasi serupa ini telah dibuat sejak tahun 2008 dan diperbaharui serta dikembangkan lebih lanjut melalui kegiatan penelitian pada tahun pelaksanaaan 2017, dan terus disempurnakan pada tahun 2018 dan 2019 serta sejak tahun 2020 telah didesiminasikan dan dilakukan hilirisasi pada konsumen hingga tahun 2021.

Menurut Ifdil, S.HI, S.Pd., M.Pd, Ph.D, Kons., sebelumnya telah dilaksanakan kegiatan hilirisasi yang dilaksanakan secara berkesinambungan dari tahun 2020 hingga November 2021, yang didanai melalui Program Pengembangan Produk Unggulan Perguruan Tinggi (P3UPT) untuk mewujudkan hilirisasi penelitian dari dosen-dosen Universitas Negeri Padang. Kegiatan ini melibaatkaan mitra MG-BK SMA/SMK/MA Sumaatera Barat.

"Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berlangsung hampir 8 bulan dimulai dari persiapan hingga implementasi workshop tersebut. Acara puncak dilaksanakan pada tanggal 14 Oktober 2021 yang dihadiri oleh 304 orang dilanjutkan dengan evaluasi pelaksanaan serta pratik tersupervisi serta pada tanggal 21 Oktober 2021 dilaksanakan dengan format lanjut pada ruang-ruang online yang lebih kecil pada kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 100 Guru BK yang tersebar di Sumatera Barat," tukuk Ifdil, S.HI, S.Pd., M.Pd, Ph.D, Kons.

Ketua Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling (MGBK) Provinsi Sumatera Barat, Drs. Irsyad Das, M.Pd., menyambut baik kegiatan ini dengan melalui workshop ini para Guru BK dapat dilatihkan dalam upaya optimalisasi peran agar dapat membantu dalam menyelenggarakan pelayanan konseling yang lebih unggul dan semakin baik.

Pada Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini juga menghadirkan Dr. Zadrian Ardi, M.Pd., Kons, Frischa Meivilona Yendi, M.Pd., Kons, Verlanda Yuca, M.Pd., Kons, Nilma Zola, M.Pd., Elfi Churnia, S.Pd., Rima Pratiwi Faldi, M.Pd., Rahmi Dwi Febriani, M.Pd., Berru Amalianita, M.Pd., sebagai narasumber dan trainer pada kegiatan tersebtu.

"Pada kesempatan ini sejumlah 60 Account AUM digital dibagikan secara gratis ke 60 Sekolah yang tersebar di Sumatera Barat. Kegiatan ini akan dilanjutkan lagi pada 4 Desember 2021 mendatang," tambah Ifdil, S.HI, S.Pd., M.Pd, Ph.D, Kons. (ET)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru