Pemenang Festival Sastra Mursal Esten VI 2021 Diumumkan, 8 Mahasiswa UNP Pemenang Lomba

PENDIDIKAN-450 hit

PADANG - Untuk tahun 2022 yang akan datang, Festival Sastra Mursal Esten VII diharapkan dapat lebih semarak dan diikuti oleh banyak peserta secara internasional terutama negara-negara berbahasa Melayu di Asia Tenggara.

Demikian disampaikan oleh Prof. Dr. Ermanto, M.Hum., Dekan FBS Universitas Negeri Padang dalam sambutannya ketika menutup Festival Sastra Mursal Esten VI yang diselenggarakan oleh Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia secara virtual pada Kamis (28/10) malam ini.

Lebih lanjut Prof. Dr. Ermanto, M.Hum. menyampaikan apresiasi kepada Pimpinan Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Panitia Pelaksana Festival Sastra Mursal Esten VI yang telah sukses melaksanakan festival ini sehingga diikuti oleh 400 peserta dari 59 perguruan tinggi dari Indonesia dan Malaysia.

Baca Juga


Pada kesempatan itu, Dr. Yenni Hayati, M.Hum., Ketua Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS Universitas Negeri Padang menyampaikan apresiasi kepada peserta karena dilaksanakan dalam waktu yang singkat namun diikuti oleh banyak peserta yang tersebar dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia dan Malaysia.

Ketua Pelaksana Festival Sastra Mursal Esten VI tahun 2021, Dr. Yona Primadesi, M.Hum. menyampaikan bahwa Festival Sastra Mursal Esten dilaksanakan sejak 19 September hingga 28 Oktober dan untuk tahun ini sudah dilakukan secara internasional terutama negara-negara berbahasa Melayu.

Lebih lanjut Dr. Yona Primadesi, M.Hum. menambahkan bahwa Festival Sastra Mursal Esten VI tahun 2021 ada bidang lomba baru yakni bidang lomba menulis cerita anak.

"Festival Sastra Mursal Esten tahun 2021 ini diikuti oleh hampir 400 peserta atau materi lomba dalam 10 bidang lomba dari 59 perguruan tinggi di Indonesia dan Malaysia," tambah Dr. Yona Primadesi, M.Hum.

Kegiatan penutupan dan pengumuman Festival Sastra Mursal Esten VI tahun 2021 dihadiri oleh Pimpinan FBS dan Pimpinan Jurusan, Prodi, Dewan Juri 10 Bidang Lomba, dan peserta lomba.

Ketua Pelaksana Festival Sastra Mursal Esten VI tahun 2021, Dr. Yona Primadesi, M.Hum. menyampaikan nominal dan Pemenang Lomba sebagai berikut.

Pemenang Lomba Membaca Puisi adalah Juara 1 Meilani Anggraini dari Universitas Negeri Padang, Juara 2 Darma Gauri dari Universitas Negeri Padang, Juara 3
Fatin Natasha Binti Muhammad Khusairy dari University Putra Malaysia.

Pemenang Lomba Monolog adalah Juara 1 Raden Roro Sarah Nurfaraj Andrika Putri dari Universitas Diponegoro, Juara 2 Parikesit Prameswara dari ISI Surakarta, Juara 3 Alif Multahul Risna dari Universitas Negeri Padang.

Pemenang Lomba Pewara adalah Juara 1 Joni Saputra dari Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, Juara 2 Ridha Jusni Sondra dari Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, Juara 3 Febrian Ananta dari Politeknik Negeri Malang.

Pemenang Lomba Mendongeng adalah Juara 1 Nurlaila Nikmah Afina dari Universitas Ahmad Dahlan, Juara 2 Nenden Nur Intan dari Universitas Pendidikan Indonesia, Juara 3 Melit Iranta dari Universitas Dharmas Indonesia

Pemenang Lomba Debat adalah Juara 1 Tim Edison dari Universitas Brawijaya, Juara 2 Tim Timnas dari Universitas Riau, Juara 3 Tim Millenial dari Universitas Negeri Padang.

Pemenang Lomba Menulis Puisi adalah Juara 1 Ni Luh Novitasari dari STAHN Mpu Kuturan Singaraja, Juara 2 Moh. Rofqil Bazikh dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Juara 3
Afdal Putra dari Universitas Negeri Padang.

Pemenang Lomba Menulis Cerpen adalah Juara 1 Moh. Rofqil Bazikh dari UIN Sunan Kalijaga, Juara 2 Alir Bening Firdausi dari Universitas Gadjah Mada, Juara 3 Isna Meiriska dari Universitas Negeri Padang.

Pemenang Lomba Menulis Esai adalah Juara 1 Muhammad Gufron dari Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Juara 2 Vira Agustin dari Universitas Negeri Padang, Juara 3 Adomma Redo Prasetya dari Universitas Ciputra Surabaya.

Pemenang Lomba Menulis Naskah Drama adalah Juara 1 Raihan Roby dari Universitas Negeri Yogyakarta, Juara 2 Fitria Emawati dari Universitas Negeri Yogyakarta, Juara 3 Ivo Trias J dari Universitas Sanata Dharma.

Pemenang Lomba Menulis Cerita adalah Juara 1 Nur Hamida dari Universitas Negeri Yogyakarta, Juara 2 Rizky Bagus Anggara dari
Universitas Teknologi Yogyakarta, Juara 3 Genta Hidayat Tullah dari Universitas Negeri Padang.

Selain itu, Panitia Festival Sastra Mursal Esten VI juga memilih pemenang favorit yakni
Lomba Baca Puisi adalah Azzizah (Universitas Negeri Padang), Lomba Mendongeng adalah Nurlaila Afnia (Universitas Ahmad Dahlan), Lomba Monolog adalah Miftahul Munawwaroh (Universitas Muhammadiyah Magelang), Lomba Pewara adalah Isti Sa'adah (Universitas Bilfath Lamongan). (ET)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru