Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D.: UNP Jadi PTNBH untuk Memenuhi Lima Harapan Masyarakat

PENDIDIKAN-558 hit

PADANG - Untuk memenuhi harapan masyarakat, Universitas Negeri Padang memiliki komitmen kelembagaan, untuk terus berubah sejalan dengan perubahan waktu dan zaman serta tuntutan dan tantangan yang juga makin meningkat. Salah satu perubahan yang krusial dilakukan oleh UNP adalah perubahan bentuk institusi dari PTN Badan Layanan Umum (BLU) menjadi PTN Berbadan Hukum (PTN BH) yang telah digagas dan dirancang sejak tahun 2016 yang lalu dan sampai detik ini hasilnya adalah UNP bersiap menuju PTN BH.

Demikian disampaikan Rektor UNP, Prof. Ganefri, Ph.D. dalam sambutannya pada kegiatan Dies Natalis Ke-67 Universitas Negeri Padang yang diselenggarakan pada Senin (25/10) secara daring dan secara luring bertempat di Auditorium Kampus UNP Air Tawar Padang.

Upacara kegiatan Dies Natalis Ke-67 Universitas Negeri Padang secara luring ini dihadiri pimpinan dan sivitas akademika, alumni, Ketua Dewas, Gubernur, Danrem, Kapolda, Bupati, dan Walikota se-Sumatera Barat.

Baca Juga


Pada Upacara Dies Natalis Ke-67 tersebut, ucapan selamat Universitas Negeri Padang menjadi PTNBH disampaikan oleh Presiden Republik Indonesia dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Ibu Megawati Sukarno Putri, Bapak Jusuf Kalla, Ketua MPR RI secara virtual.

"Ada lima harapan yang ditompangkan masyarakat Indonesia terhadap keberadaan perguruan tinggi," jelas Prof. Ganefri, Ph.D.

Harapan pertama, kata Prof. Ganefri, Ph.D., adalah perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan tinggi berkewajiban mengembangkan kemampuan dan membentuk karakter, watak, serta peradaban yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan bangsa.

"Kedua, perguruan tinggi dalam hal ini, di samping pendidikan dasar dan menengah, pendidikan non-formal, informal, anak usia dini, jarak jauh, dan berbasis masyarakat, berusaha membangun manusia Indonesia yang beriman, bertaqwa, dan berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab," tambah Prof. Ganefri, Ph.D.

Lebih lanjut Prof. Ganefri, Ph.D. menjelaskan harapan ketiga yakni perguruan tinggi yang merupakan wadah pendidikan tinggi berperan besar dalam membangun, mengembangkan, dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia.

"Keempat, perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan merupakan satu kesatuan sistemik, terbuka, dan multimakna dalam proses pemberdayaan dan pembudayaan bangsa sepanjang hayat," tegas Prof. Ganefri, Ph.D.

Prof. Ganefri, Ph.D. menambahkan harapan kelima, perguruan tinggi membangun keteladanan, kemauan, kreativitas dalam proses pembelajaran, mengembangkan budaya baca, tulis dan hitung, memberdayakan semua komponen masyarakat, meningkatkan peran serta masyarakat dan menciptakan pelayanan masyarakat yang prima dan ditandai dengan pelayanan yang cepat, tepat, akurat, diperbaiki terus menerus, tidak diskriminatif, berkelanjutan, dan terjangkau.

"Dengan spirit Alam Takambang Jadi Guru dan tuntutan dinamika kelembagaan, UNP dalam dekade terakhir ini terus mengalami perkembangan atau bertransformasi dari PTN BLU menuju PTN BH. Kebijakan yang terkait dengan perubahan tersebut merupakan amanat dari Undang-Undang No.12 Tahun 2012 tentang Perguruan Tinggi," kata Prof. Ganefri, Ph.D.

Kata Rektor Prof. Ganefri, Ph.D., perubahan PTN BLU menuju PTN BH dilatarbelakangi oleh beberapa hal yakni PTN BH mampu memberikan kemandirian pada pengelolaan dalam berbagai bentuk bidang seperti bidang keuangan sarana dan prasarana serta ketenagakerjaan.

"Kedua, PTN BH dapat melahirkan percepatan inovasi melalui pengembangan IPTEK yang lebih luas untuk mengembangkan lembaga Ketiga PTN BH merupakan otonomi perguruan tinggi yang diharapkan dapat merancang kurikulumnya sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan tuntutan perubahan," jelas Prof. Ganefri, Ph.D.

Menurut Rektor Prof. Ganefri, Ph.D., latar belakang yang keempat adalah PTN BH menuntut adanya perubahan yang meningkat dalam perguruan tinggi negeri tersebut secara reputasi maupun kualitasnya, baik secara institusi maupun secar sumber daya, dan demikian juga dengan lulusannya.

"Hal ini karena tujuan awal perguruan tinggi negeri berubah statusnya menjadi berbadan hukum adalah untuk meningkatkan kualitas," tambah Rektor Prof. Ganefri, Ph.D.

Pada kesempatan itu, Dirjen GTK Kemendikbud Riset dan Teknologi, Dr. Iwan Syahril, Ph.D. menyampaikan dua harapan kepada Universitas Negeri Padang yang segera menjadi PTNBH agar menjadi motor penggerak untuk melaksanakan Program MBKM Kemendikbud Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

"Selain itu, Universitas Negeri Padang diharapkan dapat menjadi penggerao transformasi pendidikan guru Indonesia. UNP menjadi penggerak untuk mengembangkan kualitas pendidikan guru dalam rangka menghasilkan guru-guru profesional dan berkualitas," kata Dr. Iwan Syahril, Ph.D.

Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah, S.P., dalam sambutannya menyampaikan bahwa Dies Natalis yang Ke-67 Universitas Negeri Padang ini telah membuktikan berbagai prestasi dan juga didukung oleh alumni tentulah akan berhasil memajukan Universitas Negeri Padang pada masa datang.

"Dengan modal sumber daya manusia yang dimiliki oleh Universitas Negeri Padang dan soliditas dan kekompakan yang dimiliki sivitas akademika tentulah akan selalu menghasilkan prestasi untuk berkontribusi mendukung Indonesia emas," jelas Mahyeldi Ansharullah, S.P. (ET)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru