Rakor Rektor PPTKN 2021: Peningkatan Kualitas Penyelenggaraan PPG di Indonesia

PENDIDIKAN-257 hit

Batam-Kebijakan guru di Indonesia seharusnya berbasis perencanaan kebutuhan dan berbasis digital. Berkaitan dengan hal itu perlu rekrutmen guru, revitalisasi LPTK, pembinaan dan Sistem kesejahteraan, dan perlindungan hukum bagi gurunya.

Demikian disampaikan oleh Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. (mantan Rektor Universitas Negeri Medan) sebagai narasumber dalam Rapat Koordinasi Rektor Perkumpulan Perguruan Tinggi Kependidikan Negeri yang diselenggarakan pada hari kedua, Minggu (17/10) di Hotel Aston, Batam.

"Sistem rekrutmen dan kurikulum harus diperbaiki atau direvitalisasi sehingga mahasiswa tidak hanya sebagai pengguna tetapi harus ikut sebagai programer," Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd.

Baca Juga


Selain itu, kata Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. juga diperlukan pendidikan akademik guru dan harus ada sistem rekrutmen serta kurikulum dengan berbagai integrasi kemampuan.

Lebih lanjut kata Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd., berkaitan dengan peningkatan Pendidikan Profesi Guru perlu revitalisasi kurikulum yang memiliki berbagai kemampuan secara terintegrasi, PPL, Uji komprehensif, dan sebanyak.

"Lulusan LPTK pada masa ini dan masa datang harus memiliki kompetensi yang berkaitan dengan bigdata dan kecerdasan buatan (intelegensi artifisial)," tambah Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd.

Pada kesempatan itu, Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. juga menambahkan bahwa secara berkala, secara berkala harusnya mengukuti diklat berbasis kebutuhan bagi guru untuk meningkatkan kompetensi guru.

"Pembinaan keprofesionalan berkelanjutan perlu dilakukan dengan memperhatikan diklat berbasis kebutuhan, indeks kinerja, dan insentif berbasis kinerja," imbuh Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. (ET)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru