Dekan FBS UNP Serahkan 20 Mahasiswa Mengajarkan Bahasa Indonesia (Guru Bantu) di Australia

PENDIDIKAN-463 hit

Padang-Dekan Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang menyerahkan secara resmi sebanyak 20 mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia kepada Vilta, organisasi guru bahasa Indonesia di Victoria, Australia dalam kegiatan serah terima secara virtual pada Jumat sore (27/8).

Kegiatan yang dipandu oleh Dr. Yeni Hayati, M.Hum., Ketua Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang dihadiri oleh Dekan, Vilta, KJRI Victoria, guru mentor Australia, dan mahasiswa guru bantu, FBS Universitas Negeri Padang.

Pada kesempatan itu, Silvy Wantania dari Vilta (Organisasi Guru Bahasa Indonesia) di Victoria, Australia menyampaikan bahwa pelaksanaan Guru Bantu (Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia) dari FBS Universitas Negeri Padang, Indonesia untuk periode 1 tahun 2021 sudah terlaksana dengan baik dan bermanfaat bagi kedua lembaga.

Baca Juga


Menurut Silvy Wantania, pelaksanaan kerja sama Vilta Victoria Australia dengan Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS Universitas Negeri Padang adalah atas bantuan KJRI Australia pada Desember tahun 2020 yang lalu.

"Pada periode 1 tahun 2021, Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS Universitas Negeri Padang telah mengirimkan sebanyak 8 mahasiswa dan 2 dosen untuk pelaksanaaan pembelajaran bahasa Indonesia di Australia yang tentunya juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang tentunya dievaluasi untuk perbaikan pada periode berikutnya," jelas Silvy Wantania.

Selanjutnya kata Silvy Wantania, para guru bantu dan mentor dapat bekerja sama dalam pengajaran termasuk mempersiapkan media pembelajaran, video pembelajaran, dan hal yang mendukung untuk pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah-sekolah Australia.

Pada kesempatan serah terima guru bantu untuk periode 2 yang dilaksanakan secara virtual itu, Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum., Dekan Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang menyerahkan sebanyak 20 mahasiswa sebagai guru bantu yang telah diseleksi kepada Vilta, organisasi guru bahasa Indonesia di Victoria, Australia.

"Kegiatan guru bantu ini, diharapkan memberikan manfaat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Indonesia di Australia dan bermanfaat untuk menimba pengalaman mengajarkan bahasa Indonesia bagi penutur asing oleh mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS Universitas Negeri Padang," tambah Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum.

Pada kesempatan itu, Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum., mengharapkan kerja sama Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS Universitas Negeri Padang ini dengan Vilta Victoria Australia dapat terlaksana secara periodik untuk kegiatan berikutnya.

Pada kegiatan serah terima tersebut, Kuncoro Waseso dari KJRI untuk Victoria dan Tasmania, Australia menyampaikan rasa bangga dan apresiasi atas pelaksanaan kerja sama antara Vilta Victoria Australia dengan Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS Universitas Negeri Padang, Indonesia yang sudah memasuki kegiatan periode 2 pada tahun 2021 ini.

"Kami atas nama KJRI sangat mendukung kegiatan ini dalam pengembangan bahasa Indonesia di luar negeri dan di Australia secara khusus dan juga bermanfaat bagi mahasiswa FBS Universitas Negeri Padang dalam rangka memperoleh pengalaman mengajarkan bahasa Indonesia untuk penutur asing di luar negeri," tambah Kuncoro Waseso. (ET)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru