Subuh Mubarak UNP Pagi Ini: Mengimani Qada dan Qadar dalam Menghadapi Pandemi Covid-19

PENDIDIKAN-326 hit

Padang-Pada pagi ini, walaupun kita masih di dalam masa pandemi Covid-19, alhamdulillah sivitas akademika Universitas Negeri Padang masih dapat mengikuti kegiatan Subuh Mubarak secara virtual yang dihadiri pimpinan, dosen, pegawai, dan mahasiswa dengan narasumber Ustaz H. Alex Syafei, CPP., CPPM. (Pembina Masjid Indonesia Kuwait).

Rektor Universitas Negeri Padang,
Prof. Ganefri, Ph.D., menyampaikan hal itu dalam sambutannya pada kegiatan Subuh Mubarak Universitas Negeri Padang yang diselenggarakan Fakultas Ilmu Keolahragaan pada Jumat (2/8) pagi ini secara virtual yang diikuti oleh pimpinan dan sivitas akademika Universitas Negeri Padang.

Pada kesempatan itu, Rektor Prof. Ganefri, Ph.D. menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kesediaan Ustaz H. Alex Syafei, CPP., CPPM.sebagai penceramah pada kegiatan Subuh Mubarak Universitas Negeri Padang.

Baca Juga


"Sebagai sivitas akademika Universitas Negeri Padang mari kita melaksanakan segala aktivitas dengan penuh keikhlasan dan akan bernilai ibadah oleh Allah dan juga kita harus meyakini segala sesuatu yang terjadi dalam kehidupan ini tentulah atas izin Allah," jelas Rektor Prof. Ganefri, Ph.D.

Dalam ceramahnya dengan topik "Qada dan Qadar", Ustaz H. Alex Syafei, CPP., CPPM menjelaskan di dalam Islam diajarkan kepada kita bahwa percaya kepada qada dan qadar adalah salah satu rukun iman.

"Allah sungguh sangat maha tahu tentang terjadi pandemi Covid-19 pada saat ini, tentang apa yang terjadi setelah pandemi Covid-19, tentang sesuatu yang terjadi jika pandemi Covid-19 tidak terjadi," jelas Ustaz H. Alex Syafei, CPP., CPPM.

Pada kesempatan itu, Ustaz H. Alex Syafei, CPP., CPPM mengemukakan bahwa kita harus mengimani qada dan qadar dan meyakini sesuatu yang terjadi di dalam kehidupan ini adalah sudah dinyatakan dan sudah diketahui oleh Allah.

"Kita harus meyakini bahwa Allah menciptakan segala sesuatu; Allah telah mencatat segala sesuatu yang akan terjadi; Allah memelihara segala sesuatu yang terjadi," kata Ustaz H. Alex Syafei, CPP., CPPM.

Menurut Ustaz H. Alex Syafei, CPP., CPPM., ketika menghadapi pandemi Covid-19 harus diyakini bahwa itu terjadi sungguh diciptakan oleh Allah dan harus diyakini sudah dikehendaki oleh Allah dan dimaksudkan agar manusia memperoleh hikmah atau pelajaran atas kejadian itu.

"Hikmah penciptaan di alam dan kehidupan adalah sudah ditentukan Allah dan sudah ditetapkan oleh Allah sehingga kita harus mengimani atas segala sesuatu yang terjadi dan kita hadapi dalam kehidupan ini. Mari kita selalu mendekatkan diri kepada Allah, dan kita hadapi dengan kesabaran," jelas Ustaz H. Alex Syafei, CPP., CPPM. (ET)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru