Wako Pariaman jadi Narasumber Kuliah Umum Prodi Ilmu Lingkungan Pascasarjana UNP

PENDIDIKAN-405 hit

PADANG - Wali Kota (Wako) Pariaman, Dr. Genius Umar, S.Sos., M.Si., bertindak sebagai narasumber tunggal dalam Kuliah Umum di Program Studi (Prodi) Ilmu Lingkungan Pascasarjana Universitas Negeri Padang (UNP), Senin (16/08/2021).

Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka pembukaan kuliah perdana khususnya di Prodi Ilmu Lingkungan Pascasarjana UNP pada Semester Juli-Desember 2021 yang diikuti oleh mahasiswa jenjang pendidikan S2 dan S3, Pimpinan, dan Dosen yang tergabung di Prodi Ilmu Lingkungan.

Dalam laporannya, Ketua Prodi Ilmu Lingkungan Pascasarjana UNP, Prof. Dr. Eri Barlian, M.S., menyampaikan tujuan dan perkembangan akademik di prodi yang ia pimpin.

Baca Juga


"Prodi Ilmu Lingkungan terus berbenah, dan mengembangkan sayapnya untuk membuka akses kepada semua masyarakat yang berminat untuk menambah ilmunya. Buktinya pada semester ini, banyak mahasiswa di luar Sumatera Barat (Sumbar) yang bergabung untuk kuliah di sini, bahkan dari pulau Jawa, dan Kalimantan. Kita ucapakan terima kasih atas kepercayaan mahasiswa baru untuk studi di Prodi Ilmu Lingkungan," katanya yang juga Guru Besar Ilmu Lingkungan UNP yang banyak berkiprah dalam pengembangan dunia olahraga Air di Sumbar.

Selanjutnya, Direktur Pascasarjana UNP, Prof. Dr. Yenni Rozimella, M.Ed., dalam sambutan sekaligus membuka kegiatan kuliah umum ini mengapresiasi kegiatan pembukaan kuliah yang diawali dengan kuliah umum, apalagi mendatangkan para ahli yang sangat berkompeten dibidangnya.

"Kegiatan ini sangatlah penting di samping memperkenalkan lembaga, kuliah umum katakanlah sebagai upaya memberikan semacam pencerahan awal tentang kajian-kajian ilmu lingkungan kepada mahasiswa baru," ujar Mantan KepalaUnit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Bahasa UNP ini.

Wako Pariaman, Dr. Genius Umar, memaparkan materi tentang bagaimana konsep, dan pendekatan pembangunan Kota Pariaman yang menggunakan manajemen berbasis lingkungan dengan menerapkan programwater front citykarena Pariaman kaya akan potensi air, dan sungai.

"Jadi jelaslah dengan menerapkan pendekatan Sosiologi Lingkungan, Ekonomi Lingkungan, dan Ekologi menjadi sebuah kompleksitas yang menjadi ilmu lingkungan ketika memecahkan suatu persoalan lingkungan dan pembangunan berwawasan lingkungan, seperti yang kami diterapkan di Kota Pariaman," ujar orang nomor satu di Kota Pariaman ini.

Kegiatan Kuliah Umum yang digelar secara daring melalui zoom meeting ini, diikuti oleh 70 orang peserta dari unsur Dosen dan Mahasiswa, khususnya Mahasiswa Baru. Suasana menjadi semakin alot ketika diadakan diskusi, tanya jawab dengan narasumber, dan juga ditambahkan oleh Ketua Prodi, Prof. Eri Barlian, informasi akademik, dan mekanisme perkuiahan berbasis daring. (Je)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru